Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Herawanto mengatakan, Bank Indonesia bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalsel dan Himpunan Bank Negara berperan aktif mendorong sektor wisata Kota Banjarmasin.

"Bank Indonesia sangat mendukung pemerintah daerah di Kalsel, khususnya Pemko Banjarmasin menumbuhkan perekonomian baru sebagai pendapatan baru di sektor wisata, selain sektor pertambangan," ujar Kepala Perwakilan BI Kalsel Herwanto,di Banjarmasin, Sabtu.

Dia berharap, melalui wisata susur sungai ke Lok Baintan, Kabupaten Banjar dapat menjadi bukti sinergi nyata antara Bank Indonesia, perbankan Kalsel dan Pemko Banjarmasin dalam mendukung pembangunan perekonomian daerah, terutama sektor pariwisata dan UMKM.

Sehingga, sebut dia, lebih berkembang dan berdaya saing tinggi yang pada akhirnya membantu pendapatan ekonomi daerah, selain pertambangan yang selama ini menjadi sektor penyumbang utama pendapatan Kalsel.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Bank Indonesia bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalsel juga berkomitmen untuk menunjukan kepedulian sosial terhadap sesama melalui bantuan sembako kepada para pedagang pasar terapung Lok Baintan.

Terpisah, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengucapakan terimakasih kepada perbankan Kalsel dalam pengembangan wisata Kalsel, khususnya wisata susur sungai Kota Banjarmasin.

Saat ini, terang dia, wisata sungai sedang bergerak menuju destinasi wisata berbasis sungai oleh karena itu partisipasi perbankan Kalsel sangat pihaknya hargai.

Dia berharap, upaya perbankan Kalsel mendorong wisata Kota Banjarmasin dapat diikuti komunitas dan perusahaan bergerak dalam bidang wisata.

"Ayo kita galakan wisata sungai karena menjadi kebanggaan Kalsel karena susur sungai jarang ada di Indonesia, hanya ada di Banjarmasin dan sebagian tempat di Indonesia," tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018