Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin mengatakan perguruan tinggi khususnya PTS yang berada di lingkungan Kopertis Wilayah XI Kalimantan, harus cepat berbenah dalam memberikan layanan kepada mahasiswanya.

Misalnya, tambah Idiannor di Jakarta Selasa, peningkatan pelayanan Sistem Informasi Akademik yang terintegrasi dengan SOP layanan yang ada pada perguruan tinggi. 
     
"Layanan yang masih bersifat konvensional dan manual, segera migrasi ke layanan yang berbasis informasi tekhnologi (IT) agar memudahkan dalam proses evaluasi, monitoring atau bahkan menjadi alat untuk menganalisa kebijakan apa yang akan diambil," kata Prof Idiannor.
     
Kedatangan Idiannor ke Jarkarta, dalam rangka menghadiri peresmian Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (SIMPEL) yang diselenggarakan oleh Kementerian Seretariat Negara (Kemensetneg) di Graha Krida Bhakti Kemensetneg RI Jakarta. 
     
Acara tersebut, juga dihadiri Mensetneg RI, Menpan RB, Sekjen Kemristekdikti RI, Perwakilan dari berbagai Kementerian, Seluruh Koordinator Kopertis/LLDIKTI dan Seluruh Pimpinan  PTN.
     
Acara tentang peningkatan pelayanan dengan sistem it tersebut, bertema "Make it simple and Digitalize," dalam era digital dan revolusi industri 4.0.      
 
. (Antaranews Kalsel/Humas kopertis Wilayah XI)

Menurut Idiannor, keberadaan inovasi di bidang IT sangat perlu diimplementasikan.  Pekerjaan yang bersifat konvensional dan manual, akan segera berganti dengan berbasis IT, khususnya dalam hal pelayanan kepada pihak stakeholder, atau pelayanan yang bersifat internal harus segera dipermudah dengan IT.
     
Pada kesempatan ini, tambah dia, SIMPEL merupakan suatu wujud kesiapan negara kita dalam era digital dan revolusi industri 4.0.Berbagai proses pekerjaan akan dipermudah oleh penggunaan IT.        

"Aplikasi SIMPEL ini dibuat dengan tujuan mempermudah dan mempercepat layanan perjalanan dinas luar negeri PT," katanya. 
     
Pada acara tersebut, juga dilakukan simulasi penggunaan aplikasi, dari perguruan tinggi (permohonan) kemudian Kemnristekdikti (pemberi rekomendasi), dan yang terakhir Kemensetneg (pemberi persetujuan).

Tidak terlepas dari hal tersebut, tambah dia lagi, perguruan tinggi khususnya PTS yang berada di lingkungan Kopertis Wilayah XI Kalimantan, harus cepat berbenah dalam memberikan layanan kepada mahasiswanya.
     
Mensetneg RI Prof Pratikno, berpesan, agar masing-masing instansi dan perguruan tinggi, mempermudah proses pelayanan melalui digitalisasi atau make it simple and digitalize Smart Work dan Inovasi.  Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018