Paringin, (Antaranews Kalsel) - Bendung Pitap di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, direkomendasikan untuk menjadi tempat wisata kegiatan rekreasi bagi warga Bumi Sanggam.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II, Dwi Purwantoro, selain berfungsi sebagai saluran induk irigasi pertanian di beberapa kecamatan di Kabupaten Balangan, juga bisa digunakan masyarakat untuk bersantai dan rekreasi bersama keluarga.

"Selama ini fungsi bendungan hanya untuk dipandang, seakan terlihat mati. Sehingga kita berencana untuk membuatnya agar tampak lebih hidup sebagai tempat rekreasi, bukan hanya Bendung Pitap, namun sama halnya dengan bendung Amandit, dan bendung Batang Alai," ungkapnya.

Baca juga: Proyek lanjutan Bendung Pitap hampir selesai

Silahkan pihak Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan kajian dan rancangannya, lalu ajukan kepada pihak BWS Kalimantan II, maka akan kami fasilitasi, lanjutnya lebih jelas, saat Soft Launching Running Test saluran irigasi Bendung Pitap, Rabu (18/4) kemarin.

Begitupula halnya pada jaringan irigasi tambahnya, pihaknya akan membuat fasilitas mencuci bagi warga, sehingga warga bisa memanfaatkan air langsung disaluran irigasi untuk mencuci.

Terakhir ia mengingatkan, kepada para orang tua agar memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya yang bermain disekitar saluran irigasi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga: Ganti Rugi Tiga Desa Terdampak Proyek Bendung Pitap
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018