Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.996 calon mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dinyatakan lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2018-2019 di kota setempat.


Ketua Panitia Lokal SNMPTN ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan di Banjarmasin, Minggu, mengatakan calon mahasiswa yang diterima itu terdiri dari 475 melalui Bidikmisi dan 1.521 non Bidikmisi.

"Untuk nama-nama calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN dapat dilihat di website http://www.snmptn.ac.id atau langsung datang ke pusat informasi pada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) di lantai 1 Rektorat ULM," katanya.

Tahun ini peminat ULM melalui jalur SNMPTN mencapai 11 ribu orang lebih. Hal itu, dikatakannya menandakan ULM sangat diminati calon mahasiswa baik dari Provinsi Kalsel maupun berbagai daerah lain di luar Kalsel, bahkan luar Pulau Kalimantan.

"ULM juga menjadi paling banyak dipilih jika dibandingkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain di Kalimantan. Seperti Universitas Palangkaraya hanya dipilih tujuh ribu calon mahasiswa," bebernya.

Sedangkan Program Studi (Prodi) yang paling banyak diminati, yakni Prodi Akuntansi sebanyak 1.110 orang dan yang diterima hanya 70 orang. Disusul Prodi Pendidikan Dokter 821 orang, Prodi Manajemen 685 orang dan Prodi Farmasi 635.

Sementara Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang dipilih 589 orang, terjaring hanya 90 calon mahasiswa yang lolos.

"FKIP dan Fakultas Ekonomi memang masih menjadi primadona. Untuk Ilmu Hukum sendiri karena memang satu Prodi saja, wajar yang diterima banyak mencapai 100 orang,? jelas Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM itu.

Bagi calon mahasiswa yang lolos melalui jalur SNMPTN, diharuskan melakukan daftar ulang mulai 30 April hingga 4 Mei 2018 di Rektorat ULM. Apabila hingga batas waktu yang ditentukan tak juga daftar ulang, maka dinyatakan batal alias gugur.

Selain SNMPTN, ULM masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan juga jalur mandiri.

Pendaftaran online SBMPTN model Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) yang dibuka mulai 5 April akan ditutup tanggal 27 April 2018. Sedangkan pendaftaran online SBMPTN model Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka mulai 18 April?sampai 27 April 2018.??

Termasuk calon peserta pendaftar Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN baru dapat mendaftar SBMPTN 2018 mulai tanggal 18 April 2018 pukul 01.00 WITA.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018