Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pendaftar calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga Senin (16/4) siang sudah mencapai 2.692 orang.

Berdasarkan data yang masuk di panitia lokal SBMPTN pada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ULM, dari 2.692 pendaftar itu, 945 orang memilih Sains dan Teknologi (Saintek),  916 orang memilih Sosial dan Humaniora (Soshum) serta 831 orang memilih Campuran.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Prof Dr Ahmad Alim Bachri mengatakan, pendaftaran online SBMPTN model Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) yang dibuka mulai 5 April akan ditutup tanggal 27 April 2018. Sedangkan pendaftaran online SBMPTN model Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka mulai 18 April  sampai 27 April 2018.  

Termasuk calon peserta pendaftar Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN baru dapat mendaftar SBMPTN 2018 mulai tanggal 18 April 2018 pukul 01.00 WITA.

"Pembukaan model UTBK memang dilakukan setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan pada Selasa (17/4). Hal ini untuk memberikan kesempatan peserta yang gugur di SNMPTN bisa memilih SBMPTN melalui model UTBK," papar pria yang akrab disapa Alim itu.

Dia mengakui, keterbatasan sarana komputer di ULM menjadi alasan jika model UTBK nanti dibatasi untuk sekitar 320 orang saja yang bisa mengikutinya.

Ditanya program studi yang menjadi favorit, Alim membeberkan jika Prodi Akuntansi, Manajemen, Kedokteran, Farmasi dan Kedokteran Gigi masih mendominasi pilihan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di ULM.

"PGSD FKIP juga luar biasa peminatnya, termasuk Prodi Kehutanan yang naik signifikan hingga 30 persen," ungkapnya.

Alim pun mengingatkan calon mahasiswa yang mendaftar agar memperhatikan pilihan Prodi yang dipilih karena hal itu sangat menentukan. Dimana pilihan pertama dari maksimal tiga Prodi yang dipilih adalah prioritas.

Berdasarkan regulasi panitia pusat SBMPTN, pendaftar boleh memilih dua  PTN. Apabila memilih dua, maka satu di antaranya harus berada di provinsi yang sama dari sekolah asal. Namun apabila satu saja, maka diperbolehkan memilih PTN di wilayah manapun.

"Kami juga ingatkan kepada calon mahasiswa dan orangtua agar tidak tergoda bujuk rayu pihak manapun yang menjanjikan kelulusan dan sebagainya, karena itu semua bohong. Percayalah, bahwa kelulusan hanya bisa ditentukan peserta sendiri dari hasil tes nanti," pungkas Alim.

Universitas Lambung Mangkurat menyediakan kuota untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini totalnya 5.411 kursi. Selain SNMPTN 1.862 kursi, ULM juga menyediakan jalur SBMPTN sebanyak 1.974 orang dan sisanya jalur mandiri 1.575 orang.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018