Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) -  Seminar nasional dengan tema Deradikalisme Dalam Menguatkan Integritas Bangsa diselenggarakan di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM).


Guru Besar Universitas Hasanudin Prof Dr Pawenrari Hijjang yang jadi narasumber mengatakan, deradikalisasi adalah suatu upaya untuk mereduksi kegiatan-kegiatan radikal.

Dimana untuk menetralisasi paham radikal bagi mereka yang terlibat teroris dan simpatisannya serta masyarakat yang telah terekspos paham-paham radikal teroris. 

Komandan Korem 101 Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya menuturkan, deradikalisme dibutuhkan sebagai formula untuk menanggulangi dan mencegah pemahaman radikal.

"Terorisme telah menjadi permasalahan serius bagi dunia internasional karena setiap saat bisa membahayakan keamanan nasional bagi negara," paparnya.
(antarakalsel/foto/ firman)

Turut Hadir dalam acara itu Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, Dekan FKIP Prof Dr Wahyu serta dosen dan mahasiswa di lingkungan ULM.

Dalam sambutannya, Sutarto menyampaikan bahwa ini merupakan momentum yang tepat untuk menyelenggarakan seminar dengan tema deradikalisme di tengah upaya perjuangan bangsa ini untuk menjadi bangsa yang besar. 

Rektor juga menyatakan jika Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar dan bisa disegani oleh bangsa lain apabila  bisa menjaga pertumbuhan ekonomi di tingkat yang tinggi dengan ditunjang oleh persatuan dan kesatuan. 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018