Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Peserta Bhayangkara Meratus Expedition 2018 resmi dilepas Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri di halaman Mapolres Tanah Laut, Sabtu (14/4) siang.

Berbeda dengan penyelenggaraan dua edisi sebelumya, tahun ini dirangkai bhakti sosial dan bhakti kesehatan di rute perkampungan yang dilintasi offroader.

"Ini permintaan Bapak Kapolda agar event kali ini yang khusus ada kata Bhayangkara, bisa juga ditambahi kegiatan sosial membantu masyarakat kurang mampu," kata Nasri yang membacakan sambutan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana, Sabtu.

Untuk itu, pihaknya berterima kasih kepada panitia yang sudah bisa mengkolaborasikan kegiatan olahraga otomotif itu hingga turut dirasakan masyarakat manfaatnya melalui bhakti sosial.

Ini juga implementasi Program Polri mendinginkan situasi dalam tahun politik jelang Pilkada serentak 2018 serta Pileg dan Pilpres 2019.

"Kami harapkan di Kalsel khususnya, tidak hanya menerima informasi berkaitan  politik saja, tapi sosial keagamaan yang merupakan rekreasi kepada  masyarakat itu sendiri," paparnya.

Rombongan peserta sendiri dilepas tepat pukul 12.00 WITA. Mobil Leader Bhayangkara Meratus Expedition 2018 Syamsir Alam dan H Andi Syamsuddin Arsyad serta Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming berada di barisan depan disusul offroader lainnya yang berjumlah 317 peserta terdiri dari kendaraan offroad 4×4, 6×6 serta roda dua alias motor trail yang tahun ini juga banyak ikut serta.

Bahkan tiga Kapolres juga tercatat jadi peserta, yakni Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro dan Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete.
Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming ikut memeriahkan Bhayangkara Meratus Expedition 2018 (antarakalsel/foto/firman)

Ketua panitia Kombes Pol Rizal Irawan mengatakan, jalur ekstrim sepanjang 320 kilometer bakal ditempuh peserta selama dua minggu, yakni 14 hingga 28 April 2018 dari Pelaihari Kabupaten Tanah Laut hingga Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Dia mengatakan jika Bhayangkara Meratus Expedition merupakan ekspedisi terekstrem di Indonesia bahkan dunia.

"Event ini juga bertujuan mengenalkan alam Kalsel di Pegunungan Meratus yang sangat indah, sehingga peserta yang tak hanya dari Kalimantan, namun juga Sumatera, Jawa dan Sulawesi bisa menikmati potensi wisata kita," tandas Perwira Menengah yang menjabat Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel itu.

Seperti edisi sebelumnya, event yang masuk agenda resmi Indonesia Off-road Expedition (IOX) itu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang tahun ini berusia 15  tahun.

Sebelum tiba di Polres Tanah Laut, pagi harinya peserta juga diajak berkumpul di destinasi wisata alam  Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar yang saat ini gencar dipromosikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018