Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Gangguan jaringan internet menghambat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan di hari ketiga pelaksanaan ujian nasional.


Kepala SMA Negeri 4 Banjarbaru Finna Rahmiati di Kota Banjarbaru, Rabu mengatakan, gangguan jaringan internet terjadi pada sesi ketiga ujian yang terjadi sekitar pukul 14.30 Wita.

"Jaringan internet terhenti selama satu jam lebih mulai pukul 14.30 Wita hingga 15.45 Wita sehingga tidak bisa mendengarkan ujian listening Bahasa Inggris," ujarnya.

Ia mengatakan, gangguan jaringan internet itu membuat peserta ujian cukup panik karena tidak bisa menyimak soal ujian berbahasa Inggris yang didengarkan melalui "headphone".

Disebutkan, panitia ujian juga sempat dilanda kepanikan karena gangguan yang menyebabkan seluruh jaringan internet termasuk di ruangan guru dan ruangan lainnya tidak bisa diakses.

"Peserta ujian sempat panik karena khawatir jawaban soal dilayar komputer hilang karena internet terhenti, tetapi setelah jaringan normal, jawabannya masih tersimpan," ungkapnya.

Dijelaskan, penyebab gangguan baru diketahui dari jaringan internet setelah dilaporkan adanya perbaikan gerbang gapura yang tiangnya memutus kabel optik milik provider telekomunikasi.

"Penyebabnya karena kabel optik provider terputus terkena tiang gapura yang diperbaiki. Setelah kabel diperbaiki, jaringan internet kembali lancar pukul 15.45 Wita," ujarnya.

Dikatakan, waktu yang terbuang satu jam lebih itu bisa dilanjutkan setelah peserta bisa mengakses internet dengan kode masuk baru dan waktu ujian secara otomatis diperpanjang satu jam.

"Waktu ujiannya diperpanjang secara otomatis satu jam dari seharusnya habis pukul 16.00 Wita menjadi pukul 17.00 Wita dan sehingga seluruh peserta bisa menyelesaikan ujiannya," kata dia.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Banjarbaru Eko Sanyoto mengatakan, pihaknya sudah menerima gangguan jaringan internet di sekolah tersebut.

"Kami sudah menerima laporannya dari kepala sekolah dan gangguan lancar kembali setelah jaringan internet selesai diperbaiki sehingga siswa menyelesaikan ujian pukul 17.00 Wita," ujarnya.

Ditambahkan, gangguan UNBK selama tiga hari pelaksanaan pada 20 sekolah penyelenggara ujian tidak mengalami masalah, kecuali SMAN 4 yang sempat di hari pertama juga terjadi gangguan.

"Sekolah lain lancar dan tidak terjadi gangguan, hanya di SMAN 4 dua kali gangguan pada hari pertama karena tegangan listrik turun dan hari ketiga akibat jaringan internet," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018