Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendorong percepatan proses hilirisasi industri untuk meningkatkan tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di daerah.


Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat membuka musyawarah rencana pembangunan daerah tingkat provinsi di Banjarbaru, Selasa mengatakan, sektor hilirisasi industri tersebut dipusatkan di kawasan industri Batulicin dan Jorong.

"Kita akan terus mendorong kawasan industri yang telah ditetapkan menjadi kawasan program strategis nasional tersebut, segera terwujud," katanya.

Diharapkan, melalui percepatan hilirisasi industri tersebut, akan mampu mendorong tumbuhnya ekspor dan impor di luar tambang.

Percepatan tersebut, antara lain dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur, terutama yang menghubungkan kawasan industri dengan beberapa daerah lainnya.

Selain itu, tambah dia, Kalsel kini juga sedang bersiap menghadapi revolusi industri versi 4, yang mana semua mesin dihubungkan melalui sistem internet atau dikenal dengan industri berbasis IT.

Revolusi industri jilid empat merupakan sistem operasi digital yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, yang didominasi oleh teknologi digital yang berkembang cepat.

Sehingga, untuk melaksanakan sistem tersebut, memerlukan strategi untuk menemukan pendekatan ideal yang melahirkan teori inovasi yang sesuai untuk melakukan berbagai perubahan nyata dalam seluruh sistem produksi, manajemen, dan birokrasi.

Menurut gubernur, pada Musrenbang kali ini, pihaknya telah mempersiapkan program prioritas pembangunan, yang menjadi langkah berkelanjutan untuk mencapai visi Kalsel MAPAN (mandiri dan terdepan) lebih sejahtera, berkeadilan, berdikari dan berdaya saing.

"Kita ingin agar berbagai program prioritas itu, mampu mempercepat pembangunan di Kalimantan Selatan," katanya.

Persoalan-persoalan tersebut, antara lain persoalan kemiskinan, pengangguran, pelayanan dasar, persoalan lingkungan maupun persoalan yang terkait dengan kesejahteraan sosial.

Prioritas pembangunan dalam RKPD tahun 2019, diharapkan juga mampu mempertahankan serta meningkatkan prestasi dan keberhasilan pembangunan di Kalimantan Selatan.

Enam prioritas pembangunan RKPD tahun 2019 diantaranya yang pertama meningkatkan kualitas SDM yang cerdas sehat terampil dan berbudi pekerti yang luhur melalui penerapan fungsi keluarga.

Kedua, meningkatkan tatakelola pemerintahan yang akuntabel dengan penerapan e goverment kemudian ketiga mengembangkan sarana prasarana strategis daerah untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui pengembangan sektor pariwisata, industri, sentra pangan, perdagangan dan jasa.

Selanjutnya, keempat peningkatan pertahanan energi dan pelestarian lingkungan , kelima penyiapan venue untuk menuju tuan rumah PON tahun 2024, dan prioritas ke enam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018