Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar mulai menggunakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk melakukan penyusunan laporan kinerja pemerintah daerah tahun 2018.

Sistem tersebut diperkenalkan dan disosialisasikan kepada seluruh jajaran Pemkab Banjar, di Ruang Setda Banjar, Selasa(3/4).

Sosialiasi SAKIP tersebut dibuka oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman melalui Sekda Banjar, Nasrunsyah dan dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Wildan Amin, Kepala Bagian Organisasi Setdakab Banjar, Ahmad Fauzi, Kasubag tata laksana dan pelayanan publik Sajaratil Aslin Nuraniah, dan jajaran pemerintah Kabupaten Banjar, serta peserta kegiatan.

Sekda Banjar pada kesempatan tersebut menjelasakan bahwa sosialisasi SAKIP merupakan tekad dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan di Kabupaten Banjar.

"Ini semua dalam rangka menyegarkan komitmen, memperkuat motivasi kerja serta membangun kebersamaan tim kerja pemerintah daerah untuk menyinergikan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan, kemasyarakatan agar selaras dengan tuntutan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa pelaporan kinerja dan tata cara atas laporan kinerja instansi pemerintah, dituntut pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas dan efektif yang dikenal dengan SAKIP.

"Penerapan SAKIP tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berdayaguna, berhasil guna dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN," jelasnya.

Dengan itu, jajaran pemerintah Banjar diharapkan akan semakin fokus pada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil.

Peserta sosialisasi diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan kinerja pemerintah yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja instantasi pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Banjar menjelasakan bahwa,
menggunakan SAKIP dapat meningkatkan efisiensi kerja, karena tunjangan kinerja yang didapat dinamis sesuai dengan kinerja masing-masing.

"Karena aplikasi ini dapat memperlihatkan kinerja masing-masing SKPD di Kabupaten Banjar," jelasnya.
Ia menambahkan, aplikasi ini digunakan karena sering rencana pembangunan dan rencana strategi./f


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018