Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram mengungkapkan, pihaknya berencana melakukan gelar kirab partai politik peserta Pemilu 2019 dengan menyusuri Sungai Martapura dan Sungai Barito.

"Kita rencanakan kirab Parpol dengan menggelar susur sungai menggunakan kelotok ini pada hari Minggu (8/4) nanti," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, rencana melakukan gelar kirab untuk memperkenalkan nomor Parpol peserta Pemilu 2019 melewati susur sungai di Banjarmasin tersebut tengah pihaknya bicarakan dengan para pengurus partai politik saat ini.

"Ini kita sedang rapat dengan para pengurus Parpol, sudah kita sampaikan akan dilakukannya gelar susur sungai sebagai langkah sosialisasi nomor Parpol tersebut," paparnya.

Rencananya, ungkap Samahuddin, kirab Parpol itu dimulai dari siring sungai di Jalan Piare Tendean atau depan menara pandang, kemudian mengarungi sungai Martapura Arah Kuin hingga tembus sungai Barito, dan kembali ke star awalnya.

"Kita rencana satu Parpol itu menggunakan dua kelotok, tentunya terserah Parpol masing-masing untuk menghiasnya atributnya untuk mengundang perhatian masyarakat pinggiran sungai," paparnya.

Sebagaimana diketahui, tutur Samahuddin, ada sebanyak 15 Parpol yang ditetapkan akan mengikuti pemilu legislatif 2019 nanti, dan semuanya terus disosialisasikan kemasyarakat.

"Bahkan baliho-baliho untuk sosialisasi Parpol peserta Pemilu 2019 ini sudah dipasang, moga semua masyarakat mendapatkan pengetahuan yang jelas akan nomor Parpol dukungannya," papar Samahuddin.

Disebutkannya, Parpol Peserta Pemilu 2019 sesuai nomor urutnya, yakni, nomor urut 1: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), nomor urut 2: Partai Gerindra, nomor urut 3: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Nomor urut 4: Partai Golkar, nomor urut 5: Partai Nasdem, nomor urut 6: Partai Garuda, nomor urut 7: Partai Berkarya, nomor urut 8: Partai Keadilan Sejahtera (PKS), nomor urut 9: Partai Perindo, nomor urut 10: Partai Persatuan Pembangunan (PPP), nomor urut 11: Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kemudian, nomor urut 12: Partai Amanat Nasional (PAN), nomor urut 13: Partai Hanura, nomor urut 14: Partai Demokrat dan nomor urut 19: Partai Bulan Bintang (PBB).

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018