Amuntai, (Antaranews Kalsel) -  Wakil Bupati Hulu Sungai Utara yang juga ketua Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) mengaku tak salah memilih kunjungan Studi Pembelajaran UKS ke SD Pembangunan Jaya 2 Sidorjo karena kualitas pembinaan UKS yang mengagumkan.


Sekolah yang memiliki moto 'Learning is Fun' menyediakan berbagai sarana dan fasilitas pendidikan yang merangsang para siswa mengembangkan ide dan kreativitas.

"HSU tidak salah studi pembalajaran ke SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo karena banyak yang bisa dipelajari untuk diterapkan di HSU, tidak hanya terkait UKS melainkan tehnik pembelajaran secara umum disekolah," ujar Husairi.

Husairi mengatakan, pendidikan di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo berupaya menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dengan tersedianya alat peraga untuk berbagai mata pelajaran.

Husairi terkesima menyaksikan pusat pendidikan sains sekolah atau 'School Science Center' (SSC), di bangunan menyerupai kapal ruang angkasa seperti di film Star Trek ini tersedia berbagai galeri seperti matematika, seni budaya, fisika dan lainnya yang menyediakan alat peraga.

"Ternyata belajar sambil bermain bukan hanya slogan milik anak PAUD atau TK melainkan SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Jawa Timur menerapkan metode belajar ini kepada siswanya dan berhasil mengantarkan siswanya berprestasi," kata Husairi.

Guru pembina SSC menjelaskan tujuan utama pembelajaran sains untuk mengembangkan cara berpikir dan membudayakan berpikir Inkuiri serta menggali pengetahuan baru.

Kedatangan Husairi dan rombongan disetiap kelompok kerja (pokja) UKS juga disambut para siswa yang menjelaskan dengan detail pengetahuan dan keterampilan yang mereka kuasai.

Husairi juga terkesima saat mengunjubgi Kantin Sehat sekolah karena siswa yang bertugas bisa menerangkan kandungan zat setiap porsi makanan yang dipesan siswa sehingga menambah pengetahuan siswa yang datang ke Kantin.

Berbeda dengan Husairi, Kepala SDN Murung Sari 1 Amuntai yang tahun menjadi wakil Kalimantan Selatan mengikuti LSS berpendapat sebaliknya.

"Menurut saya biasa-biasa saja, sekolah kami juga memiliki kegiatan UKS yang sama," katanya.

Meski ia mengakui fasilitas pedidikan yang dimiliki SD Pembangunan Jaya 2 lebih lengkap ditunjang luas bangunan sehingga bisa menyediakan berbagai kegiatan penunjang belajar siswa.

Kepala SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Dewi Masyithoh menjelaskan sangat senang menerima kunjungan rombongan dari Kabupaten HSU disekolahnya.

Pada pertemuan tatap muka di aula sekolah, Dewi memaparkan profil, program dan prestasi SD Pembangunan Jaya 2 yang merupakan salah satu sekolah swasta unggulan di Indonesia.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018