Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta agar seluruh ASN menjaga netralitas dalam pemilihan kepala daerah (pilkda) di empat kabupaten di provinsi tersebut.


Hal itu disampaikan gubernur usai Pengukuhan Penjabat Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani yang kini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel, di Banjamasin, Rabu.

Menurut gubernur, salah satu tugas utama penjabat bupati adalah menjaga netralitas ASN, agar tidak terlibat dalam politik saat pilkada.

Selain itu, kata dia, tugas yang tidak kalah penting adalah, tetap menjaga stabilitas daerah, sehingga Pilkada bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

"Stabilitas keamanan selama pilkda, menjadi salah satu faktor penting, suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi tersebut," katanya.

Menurut gubernur, pada masa transisi peran penjabat bupati sangat penting dalam rangka menjamin keberlangsungan program-program pembangunan daerah yang telah direncanakan sebelumnya.

Penjabat bupati, tambah dia juga bertugas menjamin berjalannya proses pemilihan kepala daerah yang aman, demokratis dan menjaga suasana kondusif di Kalsel.

Selain itu, penjabat bupati memiliki tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan, memfasilitasi pemilihan bupati dan wakil bupati.

Secara khusus Gubernur berpesan, agar penjabat bupati menjaga kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat, dan melestarikan tradisi demokrasi di Kalsel yang selama ini dikenal santun dan menjunjung tinggi etika sehingga daerah tetap kondusif.

"Jadikan pengalaman dalam memimpin organisasi sebagai modal penting dalam menyelenggarakan pemerintahan, terus jaga sinkronisasi program pembangunan Kabupaten Tapin baik dengan Pemerintah Provinsi maupun dengan Pemerintah Pusat," katanya.

Penjabat Bupati Tanah Laut Achmad Sofiani mengatakan, salah satu program utama yang menjadi perhatiannya adalah, melaksanakan pesta demokrasi dengan lancar dan tertib.

"Seperti yang disampaikan bapak gubernur, penyelenggaran pilkda dan menjaga netralitas ASN, bakal menjadi prioritas saat menjabat sebagai Bupati Tala," katanya.

Namun demikian, tambah dia, program-program pemerintah daerah, tetap harus berjalan dengan baik, sebagaimana biasanya, sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana sesuai dengan program yang ditetapkan

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018