Paringin, (Antaranews Kalsel) - Inilah beberapa kinerja pasangan SEHATI, Bupati Balangan H Ansharuddin - H Sayifullah selama dua tahun kepemimpinan, di kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam", di Provinsi Kalimantan Selatan, yang memiliki arti Sanggup Begawi Gasan Masyarakat atau Sanggup Bekerja Untuk Masyarakat.


Genap dua tahun kepemimpinan duet SEHATI (Seiring, Sejalan, Harmonis dan Optimis), berbagai program dan visi misi keduanya telah banyak yang dijalankan, diantaranya:

Bidang Pendidikan

Melalui program pendidikan 12 tahun dengan gratis, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Taman Kanak-kanak (TK) Sekolah tingkat dasar (SD/MI), Sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP/MTs), hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA/SMK/MA).

Kemudian Beasiswa prestasi, bagi siswa-siswi yang meraih peringkat 1-3 pada Ujian Nasional (UN), dengan nilai IP/IPK minimal 2,75 untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, bahkan hingga ke luar negeri.

Dukungan pendidikan demi meningkatkan Sumber Daya Manusia di Balangan, bukan hanya melalui lembaga informal, namun juga melalui pendidikan nonformal seperti Balai Latihan Kerja (BLK).

Bidang UKM dan Kualitas SDM

Program pelatihan yang sudah berjalan di BLK Kecamatan Batumandi, pengolahan makanan, pembuatan kain sasirangan, otomotif, keterampilan komputer perkantoran, las listrik, dan lain sebagainya.

Bahkan sejak tahun 2017, BLK sudah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan besar, yakni PT SAPTAINDRA SEJATI (PT SIS), agar dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai.

Untuk pengembangan kualitas SDM, perlu bersinergi dengan pembangunan sektor UMKM dan Ekonomi Kerakyatan secara menyeluruh, seperti peningkatan pertanian dengan ekstensifikasi (cetak sawah) maupun intensifikasi dengan pendampingan petugas lapangan.

Peran TP PKK dan GOW Balangan, dalam pelatihan-pelatihan serta peningkatan UMKM dengan mempromosikan berbagai hasil kerajinan serta khas kuliner masyarakat Bumi Sanggam diberbagai event dan daerah.

Berdirinya Sanggam Mart, yang merupakan kerjasama dengan perusahaan PT Adaro dalam upaya pengembangan hasil kerajinan serta kuliner khas daerah yang merupakan produk lokal karya warga Balangan.

Bidang Agama

Pemerintah Kabupaten Balangan bahkan menjamin dan menanggung biaya listrik serta PDAM tempat ibadah dan balai adat.

Memberikan honor bulanan bagi para guru mengaji, pengajar di TPA/TPQ dan pengurus rumah ibadah di Balangan.

Bonus/hadiah bagi para Qori dan Tilawah yang berhasil meraih prestasi di MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi serta Nasional.

Bidang Kesehatan

Setelah menjamin masyarakatnya dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kini Pemerintah Kabupaten Balangan, dibawah kepemimpinan duet H Ansharuddin-H Syaifullah, telah mendaftarkan seluruh warganya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS.

Bahkan Kabupaten Balangan menjadi yang pertama di Provinsi Kalimantan Selatan, yang telah meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC), atau mendaftarkan seluruh penduduknya dalam program JKN-KIS, sejak 1 Januari 2018.

Bidang Pertanian, Ekonomi dan Infrastruktur Penunjang

Banyaknya peningkatan jalan untuk akses pedidikan, akses jalur ekonomi, pertanian, dan demi lancarnya aktivitas masyarakat, diantaranya jalan menuju Desa Bayu, jalan ke Desa Mampari, jalan ke Desa Kalahiang, jalan Garuda Maharam, serta Jalan di berbagai Desa di Kecamatan-kecamatan di Balangan, dan masih terus dilaksanakan di berbagai wilayah demi menunjang aktivitas warga.

Anjloknya harga karet yang menjadi fokus pasangan Sehati, dimana sejak beberapa tahun terakhir harga karet nasional, membuat harga karet di Balangan turun hingga di level harga Rp 4 ribu dari sebelumnya mencapai Rp7 ribu - Rp10 ribu per kilogramnya.

Kini peningkatan kualitas karet membuat harga bahan pengolahan karet petani (bokar) terus merangkak naik hingga mencapai harga Rp7 ribu - Rp8 ribu per kilogramnya melalui program deorob dengan sistem penjualan oleh koperasi/kelompok petani tanpa melalui tengkulak.

Selain itu, upaya peningkatan kualitas karet melalui deorob tersebut kini telah dipromosikan kepada para investor untuk membangun pabrik karet, sehingga ke depan, Balangan tidak lagi mengirim bahan mentah, namun akan mengirim bahan jadi, seperti produksi ban dan lain sebagainya.

Dengan upaya pengembangan serta peningkatan kualitas tersebut, Pemerintah Kabupaten Balangan berharap dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat, sekaligus dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Dalam hal ketersediaan beras, masyarakat Balangan terus mencapai target bahkan surplus beras setiap tahunnya.

Bidang Sosial Budaya dan Potensi Daerah

Berbagai dukungan terhadap pelestarian nilai budaya, kearifan lokal dan seni di Balangan, telah membuat Balangan dikenal secara nasional, terutama melalui Seni, adat dan budaya Dayak. Bahkan berkali-kali telah menjadi juara diberbagai event nasional.

Kehidupan pedalaman yang masih asri kerap menjadi sorotan bahkan sebagai lokasi syuting televisi yang disiarkan secara nasional.

Rutinitas kegiatan tahunan pesona adat dayak meratus, yang dilaksankaan di Desa Wisata Kapul, Kecamatan Halong, sebagai wujud Pemerintah Kabupaten Balangan tetap menghargai budaya adat yang ada di wilayahnya agar tidak tergerus jaman.

Sebagai dukungan penuh terhadap sosial budaya dan potensi daerah tersebut, kini Pemerintah Balangan telah mencanangkan program Kebun Raya Balangan, demi melindungi tumbuhan, buah-buahan, binatang yang menjadi daya tarik di Bumi Sanggam.

Pembangunan Taman Budaya yang sedang dilaksanakan, sebagai upaya pelestarian keberagaman seni dan budaya di Balangan.

Bidang Perwujudan Kamtibmas dan Kepastian Hukum

Pembangunan Polsek Tebing Tinggi, kemudian demi mendukung warganya yang ingin menjadi aparatur negara Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, jalin kerjasama dengan Polres Balangan.

Jalinan kerjasama tersebut merupakan penerapan metode pembinaan dan pelatihan khusus dalam seleksi rekruitment anggota Polri tahun 2018 yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kesepahaman, sejak Oktober 2017 lalu.

Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin, dengan sistem metode pembinaan dan pelatihan khusus tersebut, akan banyak kesempatan putera dan puteri kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" terjaring dalam rekruitment anggota Polri tahun 2018.

Rencana pembangunan Pengadilan Negeri di areal perkantoran Pemkab Balangan di Jalan A Yani Kecamatan Paringin Selatan, dengan sudah tersedianya lahan untuk Pengadilan Negeri Balangan.

Selain itu terus diupayakan agar Balangan memiliki Komando Distrik Militer (Kodim) sendiri, mengingat Balangan sebagai jalur antar provinsi di Kalimantan.

Terkait Pemberdayaan Aparatur Pemerintah, pemerintah Kabupaten Balangan terus melakukan rotasi di berbagai Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) serta tegas dalam mendisiplinkan pegawai, demi terciptanya pemerintahan yang baik serta terselenggaranya pelayanan publik.

KTP dan Kartu Keluarga gratis, dan utamanya telah tercapainya angka 95 persen dalam perekaman e-KTP, hingga diberikan penghargaan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

Dari hasil laporan Disdukcapil Balangan, untuk pelayanan Kartu Keluarga sudah 100 persen, tinggal dilakukan update perubahan biodata. Sementera itu untuk e-KTP, hingga Oktober 2017 sudah direkam sebanyak 84.382, dan yang belum tercetak 1.200 KTP.

Masih banyak berbagai keberhasilan yang telah tercapai, begitu pula masih banyak pula program-progam yang dalam tahap pengerjaan serta tahap perencanaan ke depan, sesuai visi dan misi pasangan SEHATI.

Visi: "Terwujudnya Kabupaten Balangan Yang Maju Dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia".

Misi:

1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan,
2. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan,
3. Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan,
4. Mewujudkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (Potensi Daerah) berdasarkan kearifan lokal,
5. Mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan,
6. Optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah,
7. Mewujudkan Kamtibmas dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.



Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018