Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 120 pelajar di Kabupaten Banjar mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan mewakili kabupaten Banjar di tingkat provinsi hingga nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani di Martapura, Senin, mengatakan seluruh peserta mengikuti seleksi untuk mencari yang terbaik mewakili daerah.

"Seleksi ini bertujuan mencari yang terbaik sehingga setiap peserta harus mampu menampilkan kemampuannya agar terpilih menjadi wakil daerah di ajang lebih tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan, seleksi dipastikan berlangsung ketat karena melibatkan tim juri yang profesional sehingga setiap peserta harus berjuang maksimal agar bisa lolos seleksi.

Ditekankan, seluruh peserta yang terpilih mengikuti seleksi diminta aktif mengikuti setiap tahapan yang telah ditetapkan sehingga bisa terpilih untuk mewakili daerah.

"Peserta harus menguasai setiap tahapan penilaian, bukan hanya punya suara yang bagus tetapi juga memiliki pemahaman tentang not balok maupun not angka," katanya.

Menurut dia, seleksi yang dilakukan juga bagian dari upaya mencari bibit-bibit muda yang bisa menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dengan baik sehingga harus memenuhi seluruh aspek penilaian.

"Harapan kami, di antara peserta akan muncul penyanyi yang andal sehingga mampu tampil menyanyikan lagu-lagu kebangsaan saat peringatan hari besar seperti HUT kemerdekaan RI," ujarnya.

Dikatakan, pelajar yang bergabung dalam Gita Bahana Nusantara yang akan tampil pada hari kemerdekaan maupun beberapa kegiatan lain tingkat nasional menjadi kebanggaan tersendiri.

"Makanya, kami minta setiap peserta tampil maksimal sehingga bisa lolos seleksi ke tingkat lebih tinggi hingga tingkat nasional yang mengharumkan nama daerah," kata dia.

Ditambahkan, melalui seleksi yang menghasilkan beberapa peserta terbaik mewakili?Kabupaten Banjar?maka dapat mempromosikan potensi yang dimiliki daerah setempat.

"Setiap peserta seleksi menjadi bagian dari kader pariwisata?Kabupaten Banjar?sehingga jika lolos ke tingkat nasional mereka bisa mempromosi potensi daerah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018