Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)-Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terus berupaya melebarkan sayapnya sebagai perguruan tinggi negeri terkemuka dan berdaya saing. Salah satunya dengan berusaha merekrut siswa-siswa terbaik agar bisa kuliah di ULM.

Menurut Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, pihaknya tak hanya ingin ULM menjadi pilihan putra-putri daerah Provinsi Kalsel dan Pulau Kalimantan, namun harapannya bisa dilirik lulusan sekolah dari berbagai penjuru nusantara.

"Maka dari itu, salah satu upaya ULM bisa jadi pilihan siswa lulusan terbaik dari seluruh Indonesia, selama dua tahun berturut-turut ini kami mengikuti Indonesia International Education & Training Expo," katanya di Jakarta, Kamis.

Sutarto mengatakan, langkah visioner yang dilakukannya itu tidak lain untuk menghasilkan lulusan atau alumni lebih berkualitas, sehingga pada gilirannya mengangkat citra ULM di mata masyarakat secara nasional.

"Jika selama ini lulusan sekolah dari Kalimantan misalnya kuliah di Pulau Jawa, namun sekarang kita berupaya menarik minat siswa di Pulau Jawa atau Jakarta bahkan bisa melanjutkan studi pendidikan tingginya di ULM," jelas pria yang menjabat Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) itu.

Sutarto meyakini, kurangnya minat siswa asal luar Kalimantan kuliah di ULM bukan karena kualitas pembelajaran, namun lebih pada persoalan ketidaktahuan.

"Itulah pentingnya promosi memperkenalkan ULM di berbagai event nasional, karena kami berani saing dengan kualitas dan mutu yang dimiliki tak kalah dengan perguruan tinggi besar lainnya di Indonesia," tegasnya saat ditemui di stand ULM yang jadi peserta Indonesia International Education & Training Expo 2018 di Jakarta Convention Center.

Apalagi sekarang, universitas tertua dan terbesar di Pulau Kalimantan itu terus berbenah meningkatkan infrastruktur dan sarana pembelajaran dengan menambah fasilitas 12 gedung baru baik di area kampus di Kota Banjarmasin maupun di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kampus ini begitu besar dengan jumlah mahasiswa di atas 35.000 orang yang mengisi 102 Program Studi dan staf pengajar serta karyawan lebih dari 1.000 orang, tentu sangat layak bisa jadi pilihan," paparnya.

Banyak Prodi yang menjadi unggulan di ULM. Diantaranya Prodi Kedokteran Gigi, Teknik Tambang, Teknik Mesin dan juga Teknik Lingkungan. Sedangkan pendidikan profesi ada Farmasi dan Kenotariatan serta Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

"Sedemikian banyak pilihan yang bisa diambil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan bagi yang ingin mengenal lebih dekat dan mencari informasi lebih detail tentang ULM, bisa dilihat di laman ulm.ac.id," pungkas Sutarto. 

Indonesia International Education & Training Expo 2018 sendiri merupakan edisi ke-27 dan ULM satu dari sedikit perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang berpartisipasi jadi peserta pameran. 

Berlangsung hingga 25 Februari 2018, ditampilkan perguruan-perguruan tinggi terkemuka dari dalam dan luar negeri yang menjadi favorit masyarakat. Pengunjung pun mayoritas siswa-siswi asal sekolah di DKI Jakarta yang akan melanjutkan studi pendidikan tinggi pada tahun akademik 2018-2019 mendatang.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018