Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengagendakan kegiatan bersih-bersih sampah selama tiga bulan sejak 21 Januari hingga 21 April 2018 di seluruh kawasan di kabupaten setempat.


Bupati Banjar Khalilurrahman di Martapura, Rabu mengatakan, pihaknya sudah mencanangkan aksi bersih-bersih sampah bertepatan peringatan hari peduli sampah nasional 2018 di depan peserta apel yang diikuti berbagai unsur.

"Apel peringatan hari peduli sampah menjadi momentum bagi seluruh jajaran Pemkab Banjar untuk melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di seluruh kawasan sehingga tercipta lingkungan yang bersih," ujar bupati usai memimpin apel.

Apel diikuti ratusan peserta yang ikut ambil bagian melakukan bersih-bersih terdiri dari personel Kodim 1006 Martapura, Polres Banjar, anggota Tagana, Gamis Hijau dan pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta masyarakat.

Ia mengatakan, aksi bersih-bersih sampah memerlukan kebersamaan dari seluruh unsur melalui semangat gotong-royong yang dibangun seluruh lapisan masyarakat dan hasilnya juga dapat dirasakan masyarakat.

Disebutkan, kebersamaan dalam bentuk kepedulian lingkungan itu, berdampak terhadap kenyamanan masyarakat di suatu kawasan maupun orang lain yang datang termasuk wisatawan saat mengunjungi kabupaten tersebut.

"Kebersamaan diperlukan agar aksi bersih-bersih yang dilaksanakan maksimal tetapi harus dijalankan dengan semangat gotong-royong sehingga hasilnya memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat," ucapnya.

Ditekankan, pencanangan aksi hingga tiga bulan ke depan tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat sehingga seluruh lapisan masyarakat diimbau berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

"Kami mengimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat yang akan dinikmati anak cucu kita di masa mendatang," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar Boyke Triestiyanto mengatakan, pencanangan bersih-bersih lingkungan dilaksanakan di kawasan Kali Mati Kelurahan Murung yang letaknya berdekatan dengan Pasar Murung Keraton Kecamatan Martapura Kota.

"Pembersihan sampah di sepanjang Kali Mati agar kawasan sekitarnya menjadi bersih, bebas sampah dan air mengalir dengan lancar sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat serta tercipta kenyamanan," kata dia.

Dikatakan, pencanangan bersih-bersih selama tiga bulan bertujuan agar masyarakat semakin sadar dan peduli lingkungan sehingga mereka ikut berperan aktif menjaga lingkungan sekitarnya dan dimulai dari kawasan huniannya sendiri.

"Rentang waktunya memang panjang hingga tiga bulan ke depan. Tujuannya agar masyarakat semakin sadar menjaga kebersihan lingkungannya dan mereka selalu menjaga lingkungannya supaya tetap bersih dan sehat," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018