Paringin, (Antaranews Kalsel) - Juri Ronggo Lawe Nusantara, diharapkan menjadi pengobat kekecewaan para pecinta burung berkicau, pada Lomba Burung Berkicau HUT Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang ke 15 pada April 2018 mendatang.

Disampaikan Rifki, dari K25 Bird Club (BC) Kecamatan Paringin, selaku Ketua Panitia lomba burung HUT Balangan ke 15, hadirnya Ronggo Lawe Nusantara sebagai juri di wilayah Kabupaten Balangan, bahkan wilayah hulu sungai, merupakan yang pertama kali.

"Jika kita berhasil melaksanakan kegiatan tersebut, maka ini menjadi moment pertama Juri Ronggo Lawe Nusantara, menjadi penilai pada lomba burung berkicau di wilayah hulu sungai," jelasnya.

Memang lanjutnya, banyaknya kekecewaan terhadap penilaian pada ajang lomba burung, sering menjadi topik bahkan menyebabkan kekacauan pada ajang pelaksanaan, yang harusnya menjadi ajang silaturahmi sesama pecinta burung berkicau.

Dengan menghadirkan juri baru di arena lomba burung di wilayah hulu sungai ini lanjut Rifki, diharapkan adanya ketegasan serta kejujuran dalam menilai kinerja burung yang benar-benar bagus.

"Ini moment untuk mengembalikan kepercayaan para pecinta burung terhadap penilaian juri, sekaligus ini merupakan moment Hari Ulang Tahun Kabupaten Balangan yang ke 15, oleh karena itu, pelaksanaan ini juga kita laksanakan pada Minggu, 15 April 2018, dengan menghadirkan juri dari Ronggo Lawe Nusantara," ungkapnya.

Selain itu, ia menegaskan bahwa tidak ada sistem pemesanan nomer tiket oleh peserta kepada panitia. Sekaligus tidak ada pula sistem pemesanan penilaian terhadap burung oleh para peserta kepada para juri.

"Kita ingin penilaian para juri benar-benar adil, tanpa ada intervensi maupun pemesanan dari pihak manapun yang berharap burungnya diberi nilai lebih bahkan menjadi juara," imbaunya.

Pelaksanaan di Balangan, tentu sebagai pembuktian oleh Juri Ronggo Lawe Nusantara, bagaimana sistem penilaiannya serta bagaimana kejujuruan dan keadilannya terhadap burung para peserta yang benar-benar bagus, sehingga tidak ada peserta yang merasa dirugikan, pungkasnya.

Lomba Burung Berkicau HUT Balangan ke 15 nanti, akan dilaksanakan pada 15 April 2018, di Ruang Terbuka Hijau Dispora Balangan, bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat serta Juri Ronggo Lawe Nusantara, Banjarmasin.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018