Kandangan, (Antaranews Kalsel)- Tim Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA)  Hulu Sungai Selatan menggelar Bakti Sosial (Baksos) pelayanan KB gratis, berupa bongkar pasang implant, di Desa Pantai Ulin, Kecamatan Simpur.

Kepala Dinas PPKBPPA HSS Hj Is Susilastuti, melalui Kabid KB Syahril Sofian, di Pantai Ulin, Senin (12/2), mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bersama para bidan Puskesmas Wasah, PKB Kecamatan Simpur dan PPKBD Desa Pantai Ulin.

"Pelayanan KB Gratis  dengan menggunakan sarana Mobil Unit Pelayanan (Muyan), bertujuan meningkatkan cakupan penggunaan alat Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),"katanya, di sela pelayanan KB Gratis. 

Dijelaskan dia, penggunaan MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai lama, lebih dari dua tahun, efektif dan efisien untuk tujuan pemakaian menjarangkan kelahiran lebih dari tiga tahun atau sudah tidak ingin tambah anak lagi.

Pelayanan KB Gratis ini dimanfaatkan masyarakat Desa Pantai Ulin, dan sekitarnya sebanyak 11 orang, terdiri dari pemasangan baru kontrasepsi Implant sebanyak empat orang.

Juga bongkar dan pasang kontrasepsi Implant sebanyak tiga orang, dan bongkar atau melepas Kontrasepsi Implant sebanyak empat orang.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada camat Simpur, kepala puskesmas dan bidan puskesmas Wasah, koordinator penyuluh KB Kecamatan Simpur, kepala Desa Pantai Ulin dan PPKBD Desa Pantai Ulin serta semua masyarakat atas kehadiran, dukungan dan fasilitas yg diberikan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018