Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Selatan berharap bisa menjalin kerja sama dengan Dekranasda Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas dan pasar industri kerajinan di dua provinsi.

Ketua I Dekranasda Kalsel, Raudhatul Jannah di Banjarmasin, Senin mengatakan, keinginan tersebut disampaikan usai menerima kunjungan kerja Dekranasda Barat ke Banjarmasin.

"Kedatangan rombongan pengurus Dekranasda Jawa Barat, selain bersilaturahmi juga ingin melihat hasil kerajinan Kalsel," kata Raudhatul di Kantor Dekranasda Kalimantan Selatan Jl Dharma Praja, Kelurahan Banjarmasin Timur, Banjarmasin.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat Netty Heryawan juga disambut Wakil Ketua Rosdiawaty Rudy Resnawan beserta pengurus lainnya.

Menurut Raudhatul, Ketua Dekranasda Jabar, Netty Heryawan mengagumi berbagai kerajinan tangan, serta kain sasirangan yang dipadukan dengan tekhnik bordir yang kini mulai dikembangkan.

Dari hasil pertemuan tersebut, tambah dia, bisa jadi kedepan ada kerja sama dalam bentuk pertukaran ilmu dan keterampilan,yang dapat memberikan nilai lebih pada produk-produk Kalimantan Selatan dan Jawa Barat.

Pada kunjungannya, rombongan Dekranasda Jawa Barat disuguhi makanan khas serta melihat hasil-hasil kerajinan Kalimantan Selatan mulai dari tas, Kain Sasirangan, Anyaman dan peralatan rumah tangga lainnya.

Netty Heryawan mengungkapkan, sangat menyukai kuliner, kerajinan, wisata dan kesenian Kalimantan Selatan.

Menurut dia, hasil kerajinan yang ada, merupakan keterampilan sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam berdasarkan perkembangan kebudayaan.

"Ini merupakan suatu perkembangan yang luar biasa, sehingga kami merasakan kebahagiaan yang tidak terhingga dan berkesan," katanya.

Netty sangat antusias melihat pengembangan dan pemanfaatan sungai Martapura yang memiliki ukuran cukup luas, untuk mendukung perekonomian masyarakat dan pariwisata.

Menurut dia, pasar terapung dan susur sungainya sebagai salah satu agro wisata andalan Kalimantan Selatan, yang sangat indah.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018