Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memamerkan Kain Sasirangan di sebuah mal untuk membantu perajin memperkenalkan sekaligus memasarkan produk kain khas provinsi setempat.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Sabtu mengatakan pameran sengaja dilaksanakan di mal untuk menarik minat pengunjung.

"Kami ingin pengunjung mal melihat dan membeli Kain Sasirangan produk perajin yang dipamerkan sehingga bisa menambah pendapatan perajin khusus Kain Sasirangan," ujarnya.

Ia mengatakan, bazar atau pameran yang dibuka sejak, Sabtu (10/2) hingga satu bulan ke depan menampilkan kain-kain Sasirangan khususnya produk Kota Banjarbaru yakni Sasirangan Bordir.

Menurut dia, bazar Sasirangan yang dilaksanakan di mal Jalan Ahmad Yani km 38 Kota Banjarbaru itu patut diapresiasi karena menjadi sarana memperkenalkan produk UMKM unggulan kota itu.

"Banjarbaru punya produk khas Kain Sasirangan Bordir yang sudah dipatenkan sehingga harus lebih diperkenalkan. Salah satunya melalui pameran atau bazar di mal ini," ungkapnya.

Diharapkan, pameran juga semakin memasyarakatkan kain khas masyarakat Banjar khususnya di Kalsel disamping menambah wawasan masyarakat akan khasanah dan kreasi?kain tersebut.

"Kain sasirangan adalah kain khas Kalimantan yang harus dilestarikan dan dibudayakan sebagai identitas budaya daerah dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi," pesannya.

Dikatakan, Kota Banjarbaru memiliki Kain Sasirangan Bordir yakni kain motif Sasirangan dikreasikan dengan bordir dan beragam model sehingga menambah nilai jual kain itu.

"Kain Sasirangan milik masyarakat Kalsel tetapi Banjarbaru memberikan kreasi dan warna baru dengan bordiran bermotif lokal khas Banjarbaru sehingga menambah banyak motif kain," ujarnya.

Sementara itu, bazzar Sasirangan yang digelar Dekranasda Banjarbaru di mal difasilitasi Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja bersama pengelola mal tersebut.

Pembukaan bazar dihadiri Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Eny Apriyati Darmawan Jaya serta Ketua Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Banjarbaru Nahdatun Nusrah.

Selain itu juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Abdul Basit dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Fahrudin serta undangan lainnya yang datang ke acara itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018