Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat mematangkan rencana Komando Resort Militer (Korem) 101/Antasari naik dari tipe B menjadi tipe A.

"Korem 101/Antasari menjadi salah satu yang diusulkan kenaikan tipe dari 21 Korem di Indonesia," kata Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Mayjend TNI Hartomo di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakannya, Korem 101/Antasari layak dan memenuhi kriteria untuk dinaikkan tipologinya, yakni Korem yang berada di Ibukota Provinsi.

"Perubahan tipe Korem ini juga sebagai bentuk menyelaraskan level kepangkatan dengan institusi lain seperti Polda, Kejati dan Pemda sendiri dalam hal ini gubernur," ujarnya.

Nantinya, kata Hartomo, Korem 101/Antasari akan dijabat Danrem berpangkat Brigadir Jenderal TNI alias bintang satu.

"Dengan kenaikan pangkat pejabatnya, tentu sumbangan pemikiran untuk Pemda dan lainnya juga ikut meningkat dan lebih berkualitas lagi, sehingga muaranya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," jelas Hartomo didampingi Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya.

Terus dikatakannya, untuk mencari masukan dan saran, Danpusterad pun secara khusus menggelar audiensi dengan Forkopimda Provinsi Kalsel dalam rangka peningkatan Korem tipe B menjadi tipe A.

Seluruh pejabat dan perwakilan tokoh masyarakat serta kalangan pengusaha yang hadir kompak satu suara mendukung penuh Korem 101/Antasari naik menjadi tipe A.

"Kalsel memang sudah selayaknya dikawal Korem tipe A dengan segala potensi wilayah dan dinamika penduduknya, apalagi Polda Kalsel juga tengah bersiap menjadi tipe A," kata Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan yang ikut hadir.

Sementara Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri juga menyatakan dukungannya dan siap selalu bersinergi menjaga kekompakan TNI dan Polri di Kalsel demi terciptanya situasi yang kondusif untuk mendukung pemda melaksanakan program-programnya mensejahterakan masyarakat.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018