Facebook Presiden Joko Widodo. (Antarakalsel/foto/ist)

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Wahyu Hidayat mengaku apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo terhadap Motal alias Motor Alkon menjadi suntikan motivasi bagi jajarannya untuk terus berinovasi.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo atas apresiasinya yang diberikan untuk inovasi Motal Karhutla dari Bhabinkamtibmas Polsekta Banjarmasin Tengah," kata Wahyu di Banjarmasin, Kamis.

Atas apresiasi itu, kata dia, Polsekta Banjarmasin Tengah akan terus meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Semoga inovasi Motal Karhutla yang dibuat oleh Aipda M Anang Rofiq bisa menjadi motivasi bagi para Bhabinkamtibmas lainnya untuk berinovasi menciptakan atau melakukan hal berguna dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Motal hasil karya Polsekta Banjarmasin Tengah memang menjadi viral di jagat dunia maya setelah Presiden Joko Widodo memposting cerita di akun Facebook "Presiden Joko Widodo" tentang Aipda M Anang Rofiq, Rabu siang. Hingga 12 jam berlalu pasca diposting Sang Kepala Negara, sudah ada 11.824 komentar serta 666 kali dibagikan oleh warganet.

"Pada Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018 di Jakarta, kemarin, saya juga mengungkap soal Aipda Anang ini sebagai contoh kecerdasan para petugas di lapangan" tulis Presiden Jokowi di kolom kiriman pada Facebook-nya.

Dengan latar foto Motal karya cipta anggota Polsekta Banjarmasin Tengah yang bertuliskan judul "Contoh Kecerdasan Lapangan Untuk Mengatasi Karhutla (Motal)", Presiden bercerita tentang seorang polisi anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kota yang kerap terdampak kebakaran hutan dan lahan.

"Namanya Aipda M. Anang Rofiq. Demi menangani kebakaran hutan di daerahnya, Aipda Anang memodifikasi sebuah sepeda motor yang lama terbengkalai di rumahnya menjadi sebuah kendaraan pemadam kebakaran. Pada sepeda motor bernama Motal ini ada tabung, pompa dan selang air. Kerja Aipda Anang ini benar-benar praktis karena Motal dapat menjangkau titik-titik panas yang sulit dilalui untuk mobil pemadam kebakaran," kata Presiden.

Sebelumnya inovasi karya Motal inipun diharapkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana agar bisa dipatenkan hak ciptanya. Apalagi kehadiran Motal yang berfungsi untuk penanggulangan Karhutla itu telah menarik perhatian beragam kalangan dan mendapat apresiasi dari Mabes Polri.

Bahkan, Tim Staf Khusus Presiden Joko Widodo datang ke Banjarmasin untuk melihat secara langsung Motal tersebut. Belakangan diketahui Motal dijadikan salah satu pendukung pembuatan film garapan Tim Kepresidenan RI terkait Karhutla.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018