Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari 01 dan 04 Banjarmasin belajar di Rumah Polisi Sahabat Anak (PSA) yang berada di Taman Edukasi Banua Lalu Lintas di kota setempat. 

"Kami mengajarkan langsung bagaimana berlalu lintas di jalan raya kepada anak seperti pengenalan rambu-rambu dan sebagainya," kata Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, dengan konsep bermain sambil belajar, anak-anak diharapkan bisa lebih mencerna apa yang mereka lihat dari penjelasan para Polantas tersebut.

"Apalagi di Taman Lalu Lintas anak-anak bisa melihat langsung kondisi nyata miniatur situasi di jalan raya dengan beragam dinamika aturannya yang wajib dipatuhi," jelas Nina kepada Kantor Berita Antara.

Menurutnya, pengenalan tentang tertib berlalu lintas di jalan raya sejak dini kepada anak sangat penting sebagai bekal mereka di waktu dewasa nanti.

"Karena kalau sudah dari kecil diajarkan tertib, Insya Allah sampai dewasa nanti kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan raya tertanam di hati dan pikirannya," ujarnya.

Selain memberikan imbauan kepada anak-anak tentang cara aman bersekolah, kegiatan itu juga diharapkan Nina bisa menjadi bekal para dewan guru untuk mengajarkan kembali materi yang didapat ke sekolah.

"Karena justru yang paling penting perannya adalah para guru, merekalah yang mempunyai banyak waktu bersama murid, termasuk orang tua di rumah," tutur Srikandi Polda Kalsel itu. 

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018