Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong Suparman mengatakan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani resmi cuti mulai 15 Februari untuk melaksanakan kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Surat cuti di luar tanggungan negara untuk Bupati Tabalong sudah kita terima dan masa cuti sejak 15 Februari sampai 23 Juni 2018," jelas Suparman di Tanjung, Senin.

Selanjutnya jabatan Kepala Daerah akan dipegang Wakil Bupati Zony Alfianoor sebagai pelaksana tugas (PLt) karena yang bersangkutan tidak mencalonkan diri dalam Pilkada 2018.

Suparman menyampaikan hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 74 tahun 2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota.

Dalam peraturan tersebut juga mengatur selama cuti di luar tanggungan negara, Bupati harus meninggalkan pendopo atau rumah dinas bupati termasuk kendaraan dinas serta fasilitas lainnya yang disediakan oleh negara untuk menunjang pekerjaannya sebagai bupati dan tidak boleh digunakan selama masa cuti.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani pun membenarkan kepastian cuti dirinya pada 15 Februari 2018 karena ia bersama bakal calon Wakil Bupati Mawardi akan mengikuti kampanye Pilkada.

Sebagai petahana Anang sendiri sudah tiga kali maju sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah di `Bumi Saraba Kawa` ini dan pemilu tahun ini yang keempat bagi sebagai bakal calon bupati.

Anang berhasil menang pada pilkada 2014 berpasangan dengan Wakil Bupati Tabalong Zony Alfianoor dan maju kembali pada Pilkada 2018 namun berpasangan dengan Ketua DPD Golkar Kabupaten Tabalong Mawardi.

Pada Pilkada di wilayah ini empat bakal pasangan calon sudah mendaftarkan diri dan menunggu penetapan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong oleh KPU setempat pada 12 Februari 2018.

Masing-masing dua paslon jalur perseorangan Winarto - Ali Sibqi dan Norhasani - Eddyan Noor Idur serta dua paslon jalur parpol yakni Anang Syakhfiani - Mawardi dan Noor Farida - Aspianoor.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018