Kandangan, (Antaranews Kalsel)-Empat camera CCTV Regional Traffic Management Center (RTMC) terpasang di empat titik di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko,  melalui Kasat Lantas AKP Supriyatno, di Kandangan, Kamis, (1/2), mengatakan, empat camera CCTV mulai beroperasi seiring dengan di launchingnya sistem ini oleh Polda Kalsel.

"Untuk wilayah HSS, ada empat kamera CCTV yang terpasang yakni, di Bundaran Hamalau, Polres HSS, Lampu Merah Bundaran Tugu Dodol dekat lapangan lambung Mangkurat, dan satu titik di Simpang Tiga Gambah,"katanya.

Dijelaskan dia, khusus  satu camera CCTV yang terpasang di Tugu dodol ditambah alat pengeras suara, sehingga selain bisa memantau, bila ada pengendara yang menerobos lampu dan terjadi pelanggaran lainya.

Alat ini juga bisa mengeluarkan suara melalui pengeras suara dari tim pemantau RTMC di Polda Kalsel dan empat CCTV RTMC sudah terkoneksi dengan Mapolda Kalsel.

Suara itu berbentuk himbauan bagi pengendara, agar tertib berlalu lintas melalui pengeras suara, hingga suara teguran bila ada pengendara yang menerobos lampu lalu lintas.

Ia menghimbau, kepada pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, dan ikuti aturan berlalu lintas yang baik dan disiplin berlalu lintas, baik surat menyurat dan perlengkapannya.

"Adanya CCTV di empat titik itu akan memantau arus lalu lintas dan memantau kemungkinan adanya pelanggaran lalu lintas," katanya.

 Video Conference room RTMC Polres HSS juga dilaksanakan di aula Polres HSS, sehingga bisa menyaksikan secara langsung live launching RTMC yang dilaksanakan di Polda Kalsel.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko SIK, Kajari HSS Sugeng Riadi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Gufron dan para pejabat di lingkungan Polres HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018