Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan Jakuinuddin mendapat giliran sebagai Pembina Upacara Bendera Gabungan Satuan Kerja Perrangkat Daerah (SKPD) lingkup  Pemkab Batola, Senin (29/1).


Upacara dilaksanakan rutin setiap Senin pagi, masing-masing Kepala SKPD mendapat giliran sebagai Pembina upacara.

Dalam amanatnya Kadisdukcapil  Batola Jakuinuddin menjelaskan, ada berbagai manfaat dari data kependudukan.

Manfaat itu, menurut dia, adalah,  untuk pelayanan publik seperti pada rumah sakit dan imigrasi, bahan perencanaan pembangunan,  bahan pembangunan demokrasi seperti proses pemilihan umum.

Tak kalah penting, sebut dia,  sebagai penunjang dalam penegakkan hukum dan mencegah kriminalitas.

Kemudian,  lanjutnya, pada tahun 2017 lalu Disdukcapil Batola  sudah melaksanakan sosialisasi dan pelayanan keliling serta perbaikan data ke kecamatan-kecamatan.

"Tahun 2017 lalu kami telah jemput bola pelayanan keliling ke kecamatan-kecamatan se-Batola untuk melaksanakan updating data serta melakukan sosialisasi akan pentingnya data kependudukan ini," ucapnya.

Ia juga mengingatkan,  ada dua hal yang harus diperhatikan dan dilaporkan, pertama peristiwa kependudukan seperti pindah, datang dan perubahan alamat.

Yang kedua, terang dia, peristiwa penting seperti lahir, mati, pengesahan anak, pengakuan anak dan pengangkatan anak.

“Peristiwa ini penting karena ini karena berakibat berubahnya data kependudukan. Akhir-akhir ini kami terus mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan ini, sehingga sudah siap apabila suatu saat diperlukan,”pungkasnya.


Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018