Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sukses menggelar konser penggalangan dana untuk rakyat Palestina pada Sabtu (27/1) malam di Lapangan Dr Murjani Banjarbaru. Hingga berakhirnya acara Minggu dini hari sekitar pukul 01.00 WITA, donasi yang terkumpul  mencapai Rp1.419.724.700.

"Alhamdulilah jumlah dana yang terkumpul hampir Rp 1,5 miliar, melebihi  target kami Rp1 miliar," kata Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming usai acara.

Mardani berterima kasih kepada semua pihak baik masyarakat perorangan maupun kelompok atau atas nama institusi dan organisasi yang turut menyumbang untuk rakyat Palestina.

"Bantuan yang terkumpul akan kami serahkan kepada KH Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Rais 'Aam PBNU yang selanjutnya meneruskan ke Palestina," ujar Bupati Tanah Bumbu itu.

Mardani juga mengaku akan kembali berupaya menggalang dana serupa pada acara Sholawat bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf dari Solo yang bakal digelar di Binuang, Kabupaten Tapin 23 Maret 2018.

"Selaku Ketua Apkasi, saya juga sarankan masing-masing bupati dimanapun di seluruh nusantara bisa menggelar acara serupa, namun tentunya konsep dan gaya tiap daerah berbeda," ucapnya.

Konser amal bertajuk "Masyarakat Banua Dukung Palestina" di Lapangan Murjani yang juga dirangkai doa bersama tersebut memang mendapat sambutan antusias seluruh elemen masyarakat.

Bahkan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang turut hadir secara spontan menyumbang Rp 500 juta. Beberapa bupati dan juga ketua partai politik tak mau ketingggal ikut memberikan bantuan seperti Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah dan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani masing-masing Rp 50 juta, termasuk Mardani H Maming sendiri ikut lelang puisi Paman Birin (Gubernur Kalsel) senilai Rp 50 juta. 

Bahkan, beberapa pengurus masjid dan para penonton yang hadir juga menyumbang, termasuk prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga keamanan acara ikut memberikan uangnya secara langsung kepada panitia di posko-posko yang disediakan penyelenggara.

Sedangkan sejumlah warga Kabupaten Tanah Bumbu dan pengusaha setempat yang tak bisa hadir langsung juga memberikan sumbangan yang dititipkan atau ditransfer melalui panitia. 

Sedangkan band ibukota yang memeriahkan acara, yakni Wali Band dan Power Metal berhasil menghibur penonton yang memenuhi lapangan Murjani hingga tak beranjak sampai berakhirnya acara.

Pewarta: Firman

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018