Banjarmasin,(Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendapatkan penghargaan dari Kementerian Sosial karena perhatiannya terhadap pembinaan pada organisasi kepemudaan di daerah itu.

Penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha diserahkan Menteri Sosial Idrus Marham di Bali, Kamis malam, sebagai penghargaan terhadap perhatian gubernur kepada pemuda.

"Saya tidak kaget, jika Gubernur Kalsel mendapatkan penghargaan ini, karena sebelum menjadi gubernur telah menebarkan darmabakti untuk kegiatan kepemudaan," katanya.

Jadi, kata dia, tidak keliru, jika Pengurus Karang Taruna Pusat memberikan Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2017 kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Menurut Idrus, organisasi kepemudaan adalah sebuah laboratorium uji kepemimpinan bagi siapa saja yang bercita-cita menjadi pemimpin.

Banyak pemimpin di negeri ini berlatar belakang aktivis/ penggiat di organisasi kepemudaan atau kemasyarakatan.Salah satunya berkiprah di organisasi Karang Taruna.

Gubernur adalah salah satu contoh dari sekian banyak pemimpin yang berlatar belakang dari organisasi kepemudaan.

"Sepengetahuan saya, beliau sebelum jadi gubernur telah mendarmabaktikan diri pada sejumlah organisasi kepemudaan maupun organisasi sosial kemasyarakatan," katanya.

Mantan Sekjen DPP Golkar ini mengapresiasi inisiasi Pengurus Karang Taruna Pusat yang memberikan penghargaan kepada para kepala daerah, atau organisasi yang dinilai memiliki komitmen teguh untuk memajukan kegiatan kepemudaan termasuk Karang Taruna.

Idrus juga mengapresiasi empat gubernur lainnya yang juga dinobatkan sebagai penerima lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2017. Mereka adalah Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Apresiasi juga saya ucapkan kepada para bupati/wali kota yang pada malam ini mendapatkan penghargaan dari Karang Taruna Pusat," katanya.

Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu wujud bukti pemimpin yang terus memberikan dorongan kuat bagi kemajuan organisasi pemuda," katanya.

Di sisi lain, Mensos Idrus Marham berharap organisasi Karang Taruna mengokohkan tekad dan semangat membina generasi muda, untuk terus melahirkan karya-karya terbaik untuk negara, bangsa dan rakyat .

Sementara itu, Sahbirin Noor mengungkapkan syukur dan terima kasih atas kepercayaan Karang Taruna Pusat memberikan penghargaan.

Menurut dia, penghargaan ini adalah prestasi bersama milik generasi muda di Banua.

"Sebagai kepala daerah, saya akan terus memberikan dorongan dan semangat kepada generasi muda untuk tetap melahirkan karya-karya terbaik bagi kepentingan daerah dan masyarakat Kalsel," kata Paman Birin. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018