Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan telah merampungkan pembangunan Puskesmas Tanta di Desa Barimbun, namun hanya melayani rawat jalan.


Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Samsul Hadi di Tanjung, Rabu menyampaikan pembangunan puskesmas menelan dana Rp2,5 miliar.

"Puskesmas Tanta saat ini belum melayani rawat inap dan tahun ini akan dibangun fasilitas serta sarana pendukung lainnya," jelas Samsul.

Di lokasi yang baru Puskesmas Tanta dilengkapi 9 ruang pelayanan dan satu rumah dinas dokter.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat meninjau ke Puskesmas Tanta mengatakan akan mengembangkan sarana kesehatan ini untuk layanan rawat inap.

Termasuk menaikkan tunjangan bagi tenaga medis baik dokter, perawat maupun bidan.

"Puskesmas Tanta ini termasuk yang terbesar dibanding puskesmas lain dan akan kita kembangkan menjadi puskesmas rawat inap," jelas Anang.

Selain menuntaskan pembangunan Puskesmas Tanta, tahun anggaran 2017 juga telah direalisasikan penambahan ruangan dan aula puskesmas Bintang Ara dan Ribang.

Termasuk pengadaan lima unit Ambulans dan pembangunan rumah dinas tenaga medis Puskesmas Bintang Ara.

Sementata itu data di Dinkes Kesehatan setempat untuk tahun anggaran 2018 akan dibangun baru Poskesdes Desa Tamiyang, Puskesmas Pamarangan dan rehab serta penambahan ruangan Pusmesmas Hikun.

Termasuk pembangunan ruang bersalin Puskesmas Pugaan, aula Puskesmas Mabuun dan pengadaan ambulans puskesmas Muara Harus.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018