Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Hasan Basry Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan kini sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), hingga segera memiliki dokter spesialis kandungan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan setempat, Mursidi di Kandangan, ibu kota HSS Jum'at, rencananya pada 9 April dokter spesialis kandungan tersebut sudah berada di RSUD ini.

 Tidak adanya dokter spesialis kandungan di RSUD H Hasan Basry selama ini cukup menyulitkan masyarakat setempat yang membutuhkan pelayanan tersebut.

Ia mengatakan, untuk masyarakat yang membutuhkan layanan masalah kehamilan pihaknya berupaya memberikan pertolongan melalui bidan dan petugas kesehatan yang ada.

 "Bila pasien bersangkutan membutuhkan penanganan dokter spesialis kandungan, maka akan di rujuk ke rumah sakit milik pemerintah yang ada di kabupaten lain," katanya.

Untuk keadaan darurat dimana pasien membutuhkan penanganan segera dari dokter spesialis kandungan, maka akan di rujuk ke rumah sakit swasta terdekat.

 Hal tersebut, ujarnya, dilakukan dengan mempertimbangkan keselamatan sang pasien yang mungkin terancam bila tidak segera dilakukan penanganan medis.

 "Dalam keadaan mendesak, petugas kesehatan boleh merujuk pasien ke rumah sakit swasta yang memiliki dokter spesialis kandungan," tambahnya.

 Saat ini, rumah sakit swasta di HSS yang tercatat memiliki dokter spesialis kandungan adalah Rumah Sakit Ceria.

 Namun tidak lama lagi, RSUD H Hasan Basry Kandangan juga akan memiliki dokter spesialis kandungan sehingga pasien yang membutuhkan layanan kehamilan dapat langsung diberikan pertolongan./adi/

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012