Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS membuka Festival tari Serumpun Melayu Pesisir III tahun 2018, di Marabahan, Rabu (10/1) malam.


Teruslah berkarya dan berkreatifitas dalam dunia seni tari karena ditangan kalianlah keindahan wajah seni dan budaya daerah kita berada, ujarnya saat membuka Festival Tari Serumpun Melayu Pesisir III Tahun 2018.

Dia  menyampaikan,  selamat datang di Bumi Ijejela serta terimakasih dan penghargaan kepada para peserta baik dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) maupun dari luar Kalsel yang telah berpartisipasi dalam festival itu.

Bertempat di Panggung Utama Pameran Pembangunan Noormiliyani juga menyampaikan apresiasinya kepada Dispora dan panitia atas terlaksananya kegiatan tersebut.

"Saya menyambut baik terlaksananya kegiatan ini dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dispora dan panitia atas terlaksananya kegiatan ini selain sebagai upaya mengenalkan ragam seni tari juga sebagai upaya pelestarian budaya yang diwariskan oleh pendahulu kita, "ucapnya.

Bupati mengaku,  dulu semasa muga juga penari dan biasanya tarian melayu itu hentakannya dinamis.

"Saya ingin dalam gerakan yg ditampilkan tetap ada seni tradisional melayu kolaborasi tanpa meninggalkan seni klasiknya,"tegasnya.

Dia juga berharap, kedepan bisa melihat hasil karya seni tari yang memadukan klasik dan modern baik pada musik dan pakaiannya.

Sebelumnya, Kepala Disporabudpar Batola H Mahali, peserta mengikuti festival tersebut berjumlah semabilan  sanggar berasal dari Kalimantan Selatan dan Tengah.

Rinciannnya Kota Banjarmasin tiga sanggar, Kota Palangkaraya dua  sanggar dan Kabupaten  Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Kapuas Provinsi Kalteng, dan Kotawaringin Timur Provinsi Kalteng masing-masing satu sanggar, ungkapnya.

Para peserta, terang dia,  memperebutkan beberapa kategori seperti penyaji terbaik, penata rias dan busana terbaik dan penata musik terbaik.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, para Anggota Forkopimda. Pembukaan festival tari tersebut  ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati Batola beserta para undangan.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018