Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pembangunan Drainase Lingkungan Kawasan Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, yang didanai APBN 2017 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Provinsi Kalimantan Selatan, kini mulai berfungsi.

Pejabat pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker)  Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PSPLP) Provinsi Kalsel, Rio Pranata, Senin (18/12) saat meninjau langsung ke lapangan mengatakan, hal utama dalam pengerjaan ini adalah azas manfaatnya, yaitu fungsi maksimal drainase.

"Bahkan sesuai keterangan warga dan para pekerja, air terlihat mengalir lancar ke drainase yang sudah dirampungkan, sehingga kendala lainnya adalah dibagian saluran lingkungan, diluar pengerjaan drainase," sampainya.

Dikatakan pula, bagian yang masih dalam pengerjaan adalah bak kontrol, namun pengerjaan tersebut tidak akan mengganggu saluran air di drainase.

"Untuk drainase sendiri tinggal penyempurnaan bak kontrol. Kemudian setelah selesai pengerjaan utama yaitu drainase, para pelaksana akan merampungkan bagian lainnya, yaitu paping jalan serta pengaspalan di badan jalan kembali seperti sedia kala," jelasnya.

Sementara itu, Direktur pelaksana, Hasyim Azhari melalui Bagian Pengawas pengerjaan, Jaki mengatakan, pihaknya juga akan berupaya membantu membersihkan bagian saluran lain, meskipun diluar pengerjaan.

"Kita akan coba normalisasi bagian luarnya, dimana beberapa saluran lingkungan banyak yang mampet, selain itu juga sebagai kontrol terhadap fungsi drainase tersebut apakah maksimal atau belum, sehingga kami dapat menentukan hal yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Dijelaskan pula, terkait jalan kabupaten yang merupakan akses warga, sudah dilakukan upaya pemadatan, namun karena musim penghujan, sehingga banyaknya keluhan jalan becek dan licin, pihaknya berupaya melakukan pengaspalan tipis dipermukaan jalan untuk sementara waktu.

"Kita coba lakukan pengaspalan sementara, agar aktivitas warga dapat berjalan lancar, dan tidak berbahaya bagi pengguna jalan yang melintas. kemudian sambil merampungkan baik fungsi drainase, paping jalan serta pemadatan badan jalan sebelum diaspal seperti semula," ungkapnya.

Ia menambahkan, selain normalisasi selokan sekitar drainase, pihaknya juga akan meninjau selokan pembuangan rumah tangga warga supaya bisa berfungsi dan masuk ke saluran drainase, agar tidak merembes kemana-mana nantinya.

Termasuk bagian pekarangan maupun bagian bangunan, pagar dan jembatan rumah milik warga yang rela dibongkar demi suksesnya pelaksanaan proyek drainase, akan dikembalikan seperti sedia kala.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017