Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendapatkan penghargaan nasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya atas kepeduliannya dalam memperbaiki lingkungan hidup melalui gerakan Revolusi Hijau.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr Hanif Faisol Nurrofiq di Banjarmasin Rabu mengatakan, pemberian penghargaan dan pemenang lomba lingkungan nasional itu, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK: 638/MENLHK/PDASHI/DAS. I/11/2017.

Surat Keputusan (SK) tersebut berisi tentang Pemenang Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tahun 2016 Tingkat Nasional ditandatangani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya.

Undangan untuk menerima penghargaan tersebut, tambah dia, telah diterima langsung oleh pemerintah untuk disampaikan ke Gubernur.

"Gubernur diundang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehuaanan RI dalam sebuat event lingkungan tingkat nasional, di Yogyakarta pada Sabtu 9 Desember 2017," katanya.

Melalui Gerakan Revolusi Hijau, Menanam, Menanam dan Terus Menanam untuk Anak Cucu Kita, membuat Gubernur dinilai sebagai inisiator penggerak perubahan.

Menurut Hanif, pemberian penghargaan tersebut dilatari hasil penilaian panjang dari tim ahli kementerian lingkungan dan para tokoh-tokoh penggiat lingkungan.

Semua daerah memiliki kesempatan sama untuk memenangkan lomba ini dengan berbagai inovasi karya bagi kelestarian lingkungan.

Selain Gubernur Kalsel yang akan menerima penghargaan, juga ada nama dua gubernur lainnya, sebagai pemenang Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon 2016 Tingkat Nasional yakni Gubernur Sumatera Tengah, H Longki Djanggola dan Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi.

Keberhasilan Kalimantan Selatan meraih prestasi tertinggi di bidang penanaman dan pemeliharaan pohon ini juga tidak lepas dari peran nyata masyarakat dan seluruh pihak terkait serta insan masyarakat kehutanan.

Berbagai kegiatan penanaman pohon maupun kegiatan lingkungan, tambah dia, partisipasi masyarakat cukup besar.

"Kami Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel dan jajaran, penggiat lingkungan serta seluruh komponen masyarakat yang selalu membantu dalam upaya bersama melestarikan lingkungan," ucapnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengungkapkan, terima kasih dan syukurnya atas kepercayaan pemerintah memberikan penghargaan di bidang lingkungan khususnya di bidang penanaman dan pemeliharaan pohon.

"Prestasi ini adalah milik masyarakat Kalsel atas kerja bersama mendukung program revolusi hijau. Mari kita terus menghijaukan Banua dengan menanam, menanam dan terus menanam untuk anak cucu kita," tandas Paman Birin, yang baru-baru tadi juga meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Tokoh Peduli Pendidikan.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017