Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pembangunan RSUD H Badaruddin Kasim yang baru di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan hampir selesai dan sudah diresmikan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersamaan puncak perayaan Hari Jadi Kabupaten ke-52.

Namun pelayanan di rumah sakit ini baru bisa dilaksanakan awal 2018, kata Pejabat Pembuat Komitmen proyek rumah sakit Edy Gunawan di Tanjung, Selasa.

"Saat ini baru 150 tempat tidur yang sudah kami siapkan untuk kelas III namun pelayanannya masih dilakukan di rumah sakit yang lama karena harus menyelesaikan sejumlah fasilitas lainnya," jelas Edy.

Fasilitas yang saat ini masih tahap penyelesaian di antaranya instalasi gizi, instalasi kebidanan dan pusat sterilisasi atau CSSD (Central Sterile Supply Department).

Edy menambahkan untuk layanan administrasi dan kantor poli sudah dipindahkan ke rumah sakit baru yang berdekatan dengan Islamic Center ini.

Sebanyak 20 poli sudah disiapkan termasuk ruang operasi, instalasi farmasi, laboratorium hingga Instalasi Gawat Darurat (IGD) juga sudah selesai pembangunannya.

Termasuk instalasi pengolahan limbah rumah sakit dengan kapasitas 147 meter kubik dan sarana air bersih dengan reservoir mencapai 35.000 liter.

Namun untuk layanan ruang rawat inap VIP dan VVIP ungkap Edy baru dibangun tahun anggaran 2018 menyusul adanya lahan kosong disekitar rumah sakit sekitar 8 hektare.

"Untuk sementara layanan rawat inap hanya untuk klas III karena ruang VIP maupun VVIP dengan kapasitas lebih besar baru dibangun tahun depan," jelas Edy. 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017