Barabai, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 58 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dinas Kepemudaan dan Pariwisata menggelar lomba tradisional balogo dan terompah.

Plh Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata HST H Amir Hasan Selasa, di Barabai menyampaikan lomba tersebut diikuti dari tingkat pelajar SMA sederajat sampai dengan antar Satuan Organiasi Perangkat Daerah (SOPD) dan instansi vertikal baik BUMN maupun BUMD.

"Boleh diikuti baik putra maupun putri dengan cara beregu dan setiap regu terdiri dari tiga orang dan pertandingan direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Desember mendatang," katanya.

Menurutnya untuk technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember mendatang dan pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak pengumuman ini dikeluarkan secara resmi dan akan ditutup pada 11 Desember itu juga.

"Tempat pendaftaran di Aula Disporapar dan tempat pelaksanaan untuk lomba terompah di Lapangan Dwi Warna Barabai dan balogo di Halaman Kantor Bupati HST," ungkapnya.

Total hadiah dijelaskan Amir adalah sebesar Rp7,5 Juta dengan rincian untuk juara pertama Rp1,5 Juta, juara kedua Rp1 Juta, juara Tiga Rp750 Ribu dan  juara Empat sebesar Rp500 ribu.

"Perlombaan ini disamping untuk memeriahkan Harjad HST juga sebagai bentuk usaha dan kepedulian kita dalam melestaarikan permainan-permainan tradisional yang hampir sudah tidak dimainkan lagi oleh anak-anak jaman sekarang," katanya.

Dia menyampaikan tahun sebelumnya juga dilombakan permainan tersebut dan bagi pemenang lomba baloga akan dikirim ke tingkat Provinsi.

"Semoga dengan dimarakkannya lagi perlombaan tradisional ini dapat menambah kecintaan kita terhadap budaya-budaya warisan nenek moyang kita dan yang dapat meningkatkan kebersamaan dan gotong-royong," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017