Marabahan,(Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor menyatakan, sesuai visi misi yang akan dilaksanakan lima tahun kedepan adalah  Membangun Desa Menata Kota.
     
"Kami akan menyempurnakan pembangunan yang telah dilaksanakan bupati terdahulu H Hasanuddin Murad dengan melakukan pembenahan pembangunan perdesaan dan perkotaan," ujar Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, di Marabahan, Sabtu (2/12).

Khusus pembangunan kota, sebut dia, Pemkab Batola  sangat mendambakan Kota Marabahan yang tertata dengan baik, indah, bersih, asri, dan rindang.
     
Selain itu, jelas dia, dilengkapi ruang terbuka hijau (RTH) dengan keberadaan sesuai ketentuan yakni,  20 persen luas kota. 
      
Di samping taman, ungkap dia,  keberadaan Pasar Wangkang dan Pasar Baru akan dibenahi agar para pedagang benar-benar tertata dengan baik dan rapi. 
   
Untuk Pasar Baru , terang dia, Pemkab Batola  sedang melakukan loby ke pemerintah pusat terkait rencana pembenahannya. 
    
Wabup juga mengutarakan, seiring kemajuan serta bertambahkan kepadatan penduduk dan arus lalu lintas, Pemkab Batola merencanakan  pelebaran sejumlah ruas jalan yang ada dalam Kota Marabahan sebagai ibukota kabupaten. 
     
Untuk itu,  dia mengharapkan,  dukungan seluruh masyarakat jika terdapat tanah atau bangunan yang terkena pelebaran untuk bersedia membebaskan.  
    
Dia menuturkan, dalam mendukung pembenahan Kota Marabahan, nampaknya juga diperlukan revitalisasi pelabuhan sebagai sarana pendukung kemajuan. 
    
Selain itu, ucap dia, juga diperlukan bangunan monomen yang menggambarkan kekhasan Kabupaten Barito Kuala.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam mendukung percepatan pembangunan Kota Marabahan Pemkab Batola akan membanguan jalan yang menghubungkan Kuripan – Tabukan – Marabahan.
    
"Dengan harapan jalur yang membelah Kota Marabahan dan hulu sungai  bisa mempercepat pertumbuhan usaha dan ekonomi masyarakat," demikian tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017