Pelaihari, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Bambang Alamsyah menghadiri HUT ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional di Lapangan SMPN 3 Batu Ampar, Kamis (30/11).

Dalam rangkaian peringatan tersebut  Bupati membacakan  sejarah singkat PGRI dan menyerahkan penghargaan dari Bank Kalsel kepada 12 tokoh pendidikan berupa tabungan sebesar Rp500 ribu dan bingkisan dari Dinas Pendidikan Tanah Laut.

Bupati  mengatakan, tema hari guru kali ini adalah "membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru".

"Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan, mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga," katanya.

Disamping itu, sebut dia,  guru dan tenaga kependidikan harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental.

Peserta didik saat ini, jelas dia, merupakan  calon generasi emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik,  guna menghadapi dinamika sosial yang cepat.


Dalam acara itu juga hadir Kepala Bappeda Tanah Laut  H Ahmad Nizar, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Pelaihari Mitra Damayanti,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut  Abdillah.

Selain itu, hadir  Camat Batu Ampar Andi Mashaby, perwakilan Kejaksaan Negeri Pelaihari, Kepala Kantor Kementrian Agama Tanah Laut  Rusbandi, Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah Tanah Laut H Hairul Rijal, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Batu Ampar dan para dewan guru se-Kabupaten Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017