Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebagai sarana refresing atau penyegaran di tengah rutinitas memburu berita, wartawan diajak Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin mengikuti outbond ke Terminal Wisata Grafika Cikole di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 
     
"Biar teman-teman media liburan dulu untuk melupakan sejenak mencari berita," tutur Kabag Humas Setda Kota Banjarmasin Husni Thamrin di Bandung kepada Antara Kalsel,  pada Jumat (17/11).
     
Sebanyak 18 jurnalis dengan sejumlah pegawai Bagian Humas  Pemkot Banjarmasin berbaur mengikuti kegiatan outbond dengan beragam permainan.
     
Seperti turun tebing, yakni menuruni papan landasan setinggi 15 meter dengan lebar 2,5 meter yang dipasang tegak lurus atau vertikal pada dinding tebing curam.
     
Permainan turun tebing melatih ketangkasan gerak saat menuruni papan landasan karena peserta dituntut melenturkan tubuh dengan melakukan kombinasi lompat dan jongkok saat menuruni papan landasan. 
     
Kemudian ada juga "flying fox". Peserta meluncur antara dua buah bukit dengan ketinggian 25 meter di atas lembah. Jalur lintasan game outbound flying fox sepanjang 125 meter berupa kawat baja yang disebut sling. Pengunjung dapat merasakan ‘terbang’ dan meluncur layaknya anggota pasukan gerak cepat. 

Tujuan game ini sendiri untuk melatih keberanian, mengatasi rasa takut, melatih untuk cepat mengambil keputusan dan membangun rasa percaya diri. 
     
Jika di tempat wisata outbound lainnya hanya tersedia satu jalur lintasan flying fox, maka di Terminal Wisata Grafika Cikole terdapat dua buah jalur lintasan flying fox yang berdekatan, sehingga pengunjung bisa menikmati flying fox bolak balik tanpa harus turun bukit dan berjalan kaki ke stage awal.
     
Husni mengungkapkan, rencana awal masih banyak permainan lain yang ingin dilakukan. Namun karena kondisi cuaca tidak mendukung lantaran diguyur hujan, maka rombongan hanya sempat menikmati game flying fox dan turun tebing serta ditutup dengan memberi makan rusa dan petik buah strawberry.
    
Di tengah hujan yang terus mengguyur sepanjang hari Jumat itu, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Wisata Pemandian Air Panas Alam di Resort & Hotel Sari Ater, Subang.
     
Liburan di sela kunjungan ke Bandung Command Center (BCC) di Balaikota Bandung itu sendiri dalam rangka peningkatan wawasan jurnalistik wartawan press room Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017