Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 19 barisan pemadam kebakaran (BPK) se Kabupaten Kotabaru, beradu ketangkasan dalam lomba yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) setempat.

"Lomba ini kami adakan salah satunya untuk mempererat silaturahmi antar-BPK," kata Kepala DPKP Kotabaru Fathan Nor di Kotabaru Kamis.

Melalui ajang ini, para relawan BPK dapat menjalin keakraban sekaligus saling berbagi ilmu penanggulangan bencana kebakaran.

Tak kalah penting, penampilan para peserta bisa menjadi tolak ukur kemampuan dan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas masing-masing diri.

"Masing-masing dapat menilai apa kekurangan mereka, sehingga bisa melakukan pembenahan," kata Fathan.

Lomba ketangkasan BPK yang baru pertama kali diselenggarakan ini berlangsung di Lapangan 17 Mei Campa Jawa Desa Tirawan Kecamatan Pulau Laut Utara.

Lapangan dibagi menjadi beberapa jalur dan pada setiap jalur ditempatkan tiga titik rintangan. Di ujung jalur, sebuah target diletakkan di ketinggian dan harus dijatuhkan dengan semprotan air. Pemenang lomba adalah tim yang tercepat menembak sasaran.

Keluar sebagai juara pertama BPK As Syuban, disusul BPK Gapuk, Brigdalkahut KPH Pulau Laut, BPK Perumhil, dan BPK Gang 234. Seluruh pemenang mendapat piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan.

"Kami berharap pembinaan terhadap BPK terus ditingkatkan, seperti lomba-lomba ini harus lebih sering diadakan," ujar M Salman dari BPK As Syuban.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017