Barabai, (Antaranews Kalsel) - Tiga Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yaitu Cakrawala Komputer, Cahaya Komputer dan Pancar Komputer,  di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  menyelesaikan program Pelatihan Kepada Masyarakat (PKM).

Pimpinan LPK Cahaya Komputer, Edy Fathurrahman, di  Barabai, Kamis (16/11), mengatakan, PKM yang telah dilaksanakan di masing-masing lembaga ini merupakan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI melalui BBPLK Bekasi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Kemnaker RI melalui BBPLK Bekasi dibawah arahan dan bimbingan Kasi Program Adam Azis, serta Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Satu Pintu, dan Tenaga Kerja HST H Zamhasari sehingga kegiatan dapat terlaksana baik dan lancar,"katanya.

Dijelaskan dia, Pelaksanaan PKM tahun 2017 ini menjadi dampak yang positif tidak hanya bagi 60 peserta pelatihan tetapi juga untuk LPKS penyelenggara, dalam ikut serta mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan menumbuhkan wirausaha baru di daerah.

Untuk para peserta, telah pula diikutkan dalam Uji Kompetensi yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi, disamping sebagai media evaluasi pembelajaran selama tiga belas hari, juga mengasah keterampilan dan pengalaman nantinya untuk diterapkan baik untuk bekerja maupun berwirausaha.

Selain, itu untuk LPKS penyelenggara ada beberapa manfaat yang dirasakan secara langsung, seperti promosi atau pemasaran secara tidak langsung lembaga kepada masyarakat melalui PKM, sehingga lembaga kursus makin dikenal di masyarakat.

"Peningkatan kualitas SDM juga dilakukan melalui Bimbingan Teknis yang telah dilaksanakan di Bekasi, serta penguatan lembaga melalui pembenahan manajemen dan operasional pelatihan yang mengacu pada standar kompetensi secara nasional,"katanya.

Pimpinan LPK Cakrawala Komputer Norlaila Yuliyanti, mengatakan, bersyukur dari sebagian peserta pelatihan yang ada dilembaganya malah langsung dapat bekerja, ini membuktikan bahwa program ini benar menyentuh dan menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri yang menjadi mitra LPKS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017