Barabai, (Antaranews Kalsel) - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar  pemilihan kepala adat Dayak Meratus di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) beberapa waktu lalu.


Ketua AMAN HST Robby mengatakan, terlaksananya pemilihan kepala adat membuktikan kesadaran masyarakat adat untuk berorganisasi, dan terlibat proses demokrasi  makin tumbuh  dalam menyalurkan aspirasi masyarakat adat.

"Dari hasil pemilihan kepala Adat yang diikuti 28 balai adat di wilayah Kecamatan BAT, terpilih Haris menggantikan kepala adat sebelumnya, Cangadak,"katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya ada lima orang yang telah dicalonkan menjadi kepala Adat Dayak Meratus BAT, yaitu Cangadak, Rajudin, Iju, Haris dan Jamidi.

Setelah dilakukan pemilihan secara tertutup dan berlangsung lancar dan demokratis, Haris yang dipilih masyarakat adat untuk memimpin di lingkungan balai adat Kecamatan BAT untuk periode 2017-2022.

Dijelaskan dia, nantinya kepala adat diharapkan bekerjasama dengan AMAN  maupun organisasi lainnya, untuk turun mengambil peran dalam menyuarakan aspirasi masyarakat adat.

Kepala adat juga  memfasilitasi penyelesaian peselisihan yang menyangkut hukum adat dan kebiasaan masyarakat adat.

"Tugas kepala adat tak lepas dari upaya memberdayakan, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat atau kebiasaan yang positif dalam rangka memperkaya budaya daerah,"katanya.

Begitupun perannya penting dalam bersinergi dengan pihak terkaitnya lainnya, baik dalam urusan penyelenggaraan pemerintah, pembinaan kemasyarakatan serta pelaksanaan pembangunan.

Menurut dia, seorang kepala adat juga ditekankan harus menciptakan suasana yang menjamin terpeliharaya kebhinekaan atau keberagaman dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa.

Kemitraan harmonis antara kepala adat, AMAN, DAD, Demang dan Ormada dalam berkerjasama memajukan warga adat, melalui penguatan kelembagaan adat, masyarakat adat jadi lebih mudah diakomodasi aspirasinya.

Ia mengucapkan, selamat atas terpilihnya Haris sebagai Kepala Adat BAT, dan mengharapkan dengan kepemimpinan baru ini akan menjadikan masyarakat adat lebih kuat dan bisa lebih maju.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017