Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotabaru Kalimantan Selatan H Slamet Riyadi mengharapkan honorer yang masuk kategori I dan II menjadi bagian dari 160.000 calon pegawai negeri sipil yang akan direkrut di daerah itu.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru H Slamet Riyadi, Senin mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) sedang menyusun perekrutan sekitar 160.000 CPNS, namun tidak tahu kapan dilaksanakan.

"Kami berharap honorer di Kotabaru yang masuk kategori I dan II dan masih menunggu kejelasan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) masuk di antara jumlah CPNS yang akan direkrut tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk honorer kategori I yang berjumlah sekitar 110 orang  kini menunggu surat keputusan pengangkatan dari BKN, sementara untuk honorer kategori II yang jumlahnya lebih dua kali lipat kategori I menunggu pelaksanaan tes dilaksanakan.

Dengan demikian, kata Slamet, masalah honorer yang sudah beberapa kali diverifikasi untuk diangkat segera tertuntaskan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kotabaru Rahmat menambahkan, setelah morotarium pemerintah pusat kini sedang menyusun untuk perekrutan CPNS baru sekitar 160.000 lebih.

"Ada daerah-daerah tertentu masih punya peluang untuk mendapatkan kuota melakukan perekrutan CPNS," ujarnya.

Namun dengan persyaratan daerah tersebut harus membuat Analisis Kebutuhan Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) bagi pejabat yang dibutuhkan.

"Berawal dari Anjab dan ABK yang dibuat masing-masing daerah itu, BKN baru menetapkan jumlah CPNS yang akan diberikan kepada daerah tersebut," kata Rahmat.

Tidak menutup kemungkinan juga, lanjut dia, daerah tersebut tidak akan diberikan jatah merekrut CPNS karena menurut BKN jumlah PNS yang ada di daerah itu masih mampu memberikan pelayanan.

"Hanya saja PNS yang sudah ada perlu ditingkatkan dan diberdayakan. Perekrutan CPNS tidak akan dilakukan jika formasi yang dibutuhkan tidak jelas," katanya./C/C
                                   

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012