Kandangan, (Antaranews Kalsel.) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, berupaya menggenjot produksi pertanian melalui berbagai program subsidi. 

Kepala Dinas Pertanian HSS Fathurahman di Kandangan Rabu mengatakan, produksi pangan di daerahnya terus meningkat setiap tahun, melalui fasilitas pendukung pertanian yang dipenuhi oleh pemerintah, baik berupa benih, pupuk maupun Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Selain itu, pemerintah juga telah menjamin asuransi usaha tani,untuk mengantisipasi kerugian petani saat mengalami gagal panen.

Berbagai dukungan dan bantuan tersebut dilakukan, tambah dia, untuk meningkatkan dan mendukung program pemerintah, antara lain semen beku serta usaha pertanian lainnya. Pemerintah, tambah dia, juga melakukan upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, melalui program peningkatan UPSUS Pajale.

Produksi lain, yang menjadi perhatian pemerintah adalah bawang merah cabe melalui program (Babe), dan Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab).

"Kita juga terus berupaya membantu menyelesaikan berbagai persoalan petani, melalui program rembuk tani, sebagaimana yang diselenggarakan Selasa (31/10).

Menurut dia, rembuk tani yang diikuti oleh sekitar 2 ribu petani tersebut, untuk menggali persoalan dan mencari solusi, dalam menghadapi permasalahan pertanian yang ada.

Progam rembuk tani, yang diselenggarakan di Kecamatan Telaga Langsat juga untuk memadukan keterampilan dan kapasitas insan pertanian dalam bidang pertanian.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, cara sederhana mensejahterakan petani adalah dengan membeli hasil pertanian dengan harga yang tidak terlalu rendah.

"Bila petani menjual hasil produksinya, tolong jangan sekali-kali menawar dengan harga rendah," katanya.

Ia menghendaki suatu saat nanti jika hasil padi bagus, para pegawai wajib membeli beras langsung dari petani, karena ini semua salah satu upaya untuk mensejahterakan petani.

Bupati mengungkapkan, kalau petani gagal panen akan diganti dengan ikut jasa asuransi hanya Rp36 ribu per hektar, Pemerintah melalui PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) akan melindungi petani dari gagal panen.

Turut hadir dalam rembuk tersebut Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Perwakilan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HST, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan para camat se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017