Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah peserta Kongres Sungai Indonesia (KSI) III yang dijadwalkan berlangsung 1-4 November 2017 sampai hari ini, Jumat (27/10) sudah tercatat 666 orang.

     Dari seluruh peserta yang tersebua agaknya peserta tuan rumah atau dari Provinsi Kalimantan Selatan yang paling banyak mencapai 281 orang, demikian informasi yang kantor sekretariat panitia KSI III, Menara Pandang Banjarmasin, Jumat.
     Setelah Kalimantan Selatan, peserta yang terbanyak menyatakan ikut dalam KSI di "kota sungai" tersebut datang dari Provinsi Jawa Tengah mencapai 70 orang, disusul lagi Daerah Istemewa Jogyakarta 41 orang, Jawa Barat 35 orang, dan Sulawesi Selatan 21 orang.
     Daerah lain yang terdaftar Aceh 10 orang, Banten 14 orang, Gorontalo 22 orang, Jambi 10 orang, Jawa Timur 26 orang, Kalimantan Barat 8 orang, Kalteng 7 orang, Kaltim 9 orang, Riau 17 orang,Maluku Utara 17 orang, NTB 10 orang, Papua Barat 16 orang, Sulawesi Tengah 14 orang, dan Riau 11 orang, dan Sumatera Utara 10 orang.
     Daerah lain lagi yang peserta kurang dari 10 orang tercatat Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Kalbar,Kaltara,Lampung,Maluku, Maluku Utara, NTT,Papua,Sultra, Sulut, dan Sumsel.
     Berdasarkan ketentuan atau tata tertib, setiap peserta wajib miliki tanda pengenal (ID) selama KSI, menghargai adat masyarakat setempat, menjaga kebersan lokasi kongres, prinsip gotong royong dan tolong menolong.
     Kemudian menggunakan metode rmbug selesaikan masalah, mentaati semua aturan, serta semangat saling belajar dan eksplorasi bersama.
     Berdasarkan catatan jadwal dalam KSI ini ada empat orang menteri dan dua gubernur memaparkan makalah dalam Kongres Sungai Indonesia (KSI) III yang dijadwalkan berlangsung 1-4 November 2017 di Kota Banjarmasin, yakni Menko  Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan dan  Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti.
     Dua menteri lainnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar.
     Sementara dua gubernur yang juga memamaparkan makalahnya adalah Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.


Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017