Rantau, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan di lingkungan pemkab setempat melakukan deteksi dini kanker serviks bisa melalui tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan kanker payudara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan saat pencanangan pemeriksaan iva test bagi ASN perempuan di lingkup Pemda Tapin, Jumat (20/10).

"Pencanangan iva test dalam upaya mencegah tejadinya kanker rahim dan kanker payudara khususnya kaum perempuan," ujar Ratna saat memberikan sambutan.

Dijelaskan Ratna, bahwa Kanker Servik adalah jenis kanker yang menyerang sister reproduksi bagi kaum perempuan, namun hal tersebut bisa dicegah dengan melakukan iva test tersebut.

"Kanker rahim ini akan terasa saat penyakit itu sudah sangat parah, sehingga perlunya deteksi dini agar sejumlah langkah medis dapat dilakukan apabila ada ditemukannya gelaja kanker rahim tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Dalam amanatnya Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tapin sangat mendukung kegiatan pemeriksaan Iva Test dab kanker payudara terhadap ASN Perempuan di Lingkungan Pemkab Tapin, hal itu sebagai upaya pencegahan kanker leher rahim dan kanker payudara.

"Bukti keseriusan pemerintah daerah telah membentuk seksi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular yang salah satunya topoksinya adalah merencanakan dan melaksanakan kegiatan deteksi dini kanker, "katanya.

Dalam pelayanan deteksi dini ini sudah membuat surat ederan Bupati Tapin ke SOPD agar seluruh ASN perempuan yang sudah menikah di Lingkup Pemkab Tapin
dapat mengikuti pemeriksaan iva test di puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Berharap kepada seluruh kepala SOPD Badan dan Kantor di Lingkup Pemkab Tapin agar dapat menginstruksikan seluruh staf perempuannya dan istri ASN untuk mengikuti pemeriksaan deteksi dini di puskesmas terdekat," pungkas Bupati.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017