Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Atlet catur Kabupaten Hulu Sungai Utara berhasil meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan ke-10 di Tabalong dengan meraih 22 medali dari 28 medali cabang catur yang diperebutkan.

Pembina sekaligus pelatih catur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ahmad Raihan Hasa di Amuntai, Jum'at mengatakan, sebanyak 22 medali berhasil diperoleh dicabang olahraga (cabor) catur Porprov terdiri atas 8 medali emas, 5 perak dan 9 perunggu.

"Perolehan medali di cabor catur ini melebihi target yang Pengurus Cabang Percasi Hulu Sungai Utara dan KONI yang hanya 3 medali emas," ujar Raihan.

Raihan merasa bangga karena 4 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu dari cabor catur ini diraih anaknya Helma Ghinaya Raihan (14 th) dan Rizka Aulia Rahmi (18 th).

Sedang salah seorang puterinya lagi yakni Nishfa Dayyana Rahmah (8 tahun) harus puas meraih satu medali perak karena turun di kelas senior Puteri bukan dikelas anak-anak yang menjadi kelasnya selama ini.

Raihan yang merupakan master nasional catur ini mengatakan, sebanyak 20 atlet catur dipersiapkan mengikuti ajang Porprov meski yang kemudian berlaga hanya sebanyak 16 atlet.

Pada Porprov ke-10 tahun 2017 ini, kontingen atlet HSU berada diperingkat ketujuh dari peringkat lima besar yang ditargetkan, namun para atlet sudah mengeluarkan kemampuan secara maksimal untuk bertanding secara sportif.

"Harapan kami semoga pembinaan bagi atlet-atlet yang berprestasi pad cabor catur semakin ditingkatkan," kata Raihan.

Ia juga berharap salah satu atlet catur peraih medali emas Helma Ghinayya bisa mengikuti pelatihan catur di SCUA Jakarta pada 2018.

Pemkab HSU bersama KONI menjanjikan bonus sebesar Rp20 juta bagi atlet peraih medali emas, Rp 10 Juta bagi medali perak dan Rp5 juta untuk medali perunggu.

Sesudah event Porprov 2017, PC Percasi HSU kembali menyiapkan para atlet catur mengikuti Kejuaraan catur TNI open di Palangkaraya pada 27 - 29 Oktober 2017.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017