Paringin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak sepuluh sekolah yang ada di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, akan mengikuti Eco Youth Camp 2017 selama dua hari satu malam mulai 21 - 22 Oktober 2017, bertempat di Baruh Bunga, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sekelompok dari 10 sekolah ini dinyatakan sebagai perwakilan Balangan setelah melewati berbagai proses penilaian mulai dari penulisan/makalah yang merupakan ide para siswa SLTA/Sederajat dalam upaya menangani permasalahan sampah di lingkungan sekolah.

Masing-masing kelompok memuat lima macam item penilaian, yakni masalah yang mereka temukan, solusi yang ditawarkan, tindak lanjut dan ditambah penilaian ketika mereka mempresentasikan dan bahan presentasi yang mereka bawakan.

Eco Youth adalah lomba yang menjadi wadah para generasi muda kreatif untuk menyalurkan dan merealisasikan ide-ide mereka, guna membangun positive mindset atas kontribusi langsung kepada permasalahan lingkungan di sekolah mereka dan sekitarnya.

Di mana para peserta dititik beratkan tentang bagaimana memecahkan masalah lingkungan, peserta juga diharapkan dapat menghasilkan Science Project dan Social Project yang nantinya memungkinkan juga menjadi sumber dana usaha bagi mereka, selain mendapatkan ilmu pendidikan yang bisa dikonsumsi publik.

‪Dari 10 kelompok yang merupakan perwakilan 10 sekolah terbaik yang ada di Kabupaten Balangan, yang dinyatakan sebagai peserta kegiatan Eco Youth Camp 2017 yaitu,

1. SMAN 2 Paringin dengan judul Membuat tempat sendok dan garpu dari botol plastik bekas.

2. SMA AL Quran Ikhwanul Muslimin dengan judul Sistem kelola sampah kreatif pemanfaatan botol bekas air mineral guna dijadikan produk daur ulang bermanfaat.

3. SMKN 1 Paringin dengan judul Balistik Paringin (bakti lingkungan listrik paringin)

4. MA Darussalam Awayan dengan judul Pemanfaatan limbah kertas sekolah sebagai alternatif penghapus papan tulis.

5. SMA AL HIDAYAH Inan dengan judul satu kantong sampah sama dengan satu buku.

6. SMAN 1 Juai dengan judul two solutions for rubbish.

7. SMAN 1 PARINGIN dengan judul upaya mengurangi penggunaan kantong plastik di sekolah (reducing the usage of plastic bags in the school)

8. SMAN 2 JUAI dengan judul pemanfaatan biji karet (biji para) sebagai penyedap rasa.

9. SMAN 1 Lampihong dengan judul Potensi sampah plastik dan kertas sebagai bahan untuk membuat miniatur gula merah khas Lampihong untuk komersial.

10. MAN 3 Balangan dengan judul pemanfaatan larutan daun ketapang sebagai bahan alternatif pengganti air aki.‬


‪Eko Suripto selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, kegiatan Eco Youth Camp sendiri dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan, pembekalan, dan pemantapan para juara untuk lebih bijak dengan alam dan lingkungan.

"Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya. Selain itu juga diberikan berbagai kegiatan atau praktik langsung bagaimana menjaga dan memanfaatkan alam untuk kebutuhan manusia," ujarnya.

Lebih lanjut nantinya diharapkan terbentuk sebuah komunitas yang kompak dan satu semangat untuk bersinergi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.‬

"Kegiatan kreatif kelola sampah ini terselenggara atas inisiatif Balangan Green Leader yang merupakan kumpulan alumni kegiatan Eco Camp di Bandung asal Balangan bekerjasama dengan PT. Adaro Indonesia," ungkapnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017