Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memperbaiki tiga WTP (Water treatment plant) atau instalasi pengolahan air (IPA), guna meningkatkan kualitas dan kapasitas air bersih untuk pelanggan.


Kepala Dinas Cipta Karya Kotabaru H Akhmad Rivai di Kotabaru, Rabu, mengatakan untuk memperbaiki tiga WTP atau IPA tersebut, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,6 miliar.

"Tiga WTP tersebut, IPA Gunung Ulin, IPA Gunung Reli dan IPA Gunung Tirawan," kata Rivai menjelaskan.

Dikatakan dia, salah satu tujuan dari perbaikan tiga IPA adalah, untuk meningkatkan kualitas air bersih yang didistribusikan kepada pelanggan lebih jernih dan lebih baik.

Menurut Rivai, tiga IPA tersebut memang sudah selayaknya dilakukan perbaikan, karena IPA - IPA tersebut dibangun sudah cukup lama, seperti IPA Gunung Tirawan dibangun pada 2004.

Selain fasilitas penjernih air yang mulai rusak, kapasitas IPA juga perlu ditingkatkan, mengingat jumlah pelanggan juga meningkat drastis.

Kapsitas IPA Gunung Tirawan saat ini sekitar 30 liter per detik dengan jumlah pelanggan sekitar 4.000 pelanggan, IPA Gunung Reli dan Gunung Ulin sekitar 50 liter per detik dengan jumlah pelanggan sekitar 6.000 pelanggan.

Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru Riduansyah menambahkan, perbaikan dan revitalisasi IPA atau WTP di Kotabaru setelah adanya sinergitas Dinas Cipta Karya Kotabaru di bawah kepemimpinan H Akhmad Rivai.

"Alhamdulillah, setelah ada Dinas Cipta Karya dibawah kepemimpinan Akhmad Rivai, ada perbaikan IPA dan pembangunan yang baru," demikian Riduansyah.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017