Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan Dana Bantuan Sosial bagi Panti Asuhan atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun anggaran 2017.

Kepala Dinas Sosial HSS Hj Siti Erma, di Sungai Raya, Selasa (17/10), mengatakan, bantuan  tersebut dilaksanakan usai penyerahan bantuan sejenis di Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

"Adapun bantuan yang diserahkan kali ini, yaitu bantuan Program Bersama Untuk Peduli Anak Yatim (Berupaya) dan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) untuk Ponpes  Ibnu Mas'ud Puteri, Sungai Raya, senilai Rp 127.750.000,- bagi 35 orang santri untuk satu tahun,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk bantuan "Berupaya", diberikan kepada 32 orang anak, senilai Rp 1,2 juta, dana diserahkan dalam bentuk buku tabungan yang dibagi ke dalam dua tahap, saat memberikan keterangan penyerahan dana sosial, bertempat di Aula Ponpes Ibnu Mas'ud Puteri, Desa Sungai Raya, Selasa (17/10) sore.

Tahap 1 dan 2 masing-masing senilai Rp600 ribu, sementara untuk tahap dua , rencananya dikucurkan pada bulan November 2017 mendatang.

Bantuan Berupaya diserahkan secara simbolis  Bupati HSS kepada delapan orang anak,  sedangkan bantuan PKSA diserahkan kepada pengurus Ponpes Ibnu Mas'ud Putri, Sungai Raya.

H Achmad Fikry, mengatakan, bantuan PKS tersebut diharapkan bisa mengurangi beban pondok, selain itu juga digunakan untuk biaya operasional makan minum maupun proses belajar mengajar para santri.

"Bantuan ini diharapkan bisa memperlancar kegiatan di Ponpes Ibnu Mas'ud Puteri, sehingga di Pondok ini bisa lahir santri-santri yang menjadi generasi HSS yang berkualitas, shalihah dan terampil,"katanya.

Selain itu, untuk penerima dana bantuan Berupaya, ia memesankan agar digunakan untuk keperluan sekolah dan agar anak-anak tersebut jangan sampai putus sekolah.

Ditambahkan dia, bantuan diberikan dalam bentuk rekening berupa buku tabungan, dengan maksud agar dana bantuan tersebut hanya diambil sesuai keperluan dan sisanya tetap ditabung.

Turut hadir, Kepala Badan Keuangan Daerah H M Noor, Camat Sungai Raya Susilo Adianto, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Andhy Andriyawan, Ustadz dan Ustadzah Pondok Pesantren Ibnu Mas'ud Puteri, serta para orang tua dan wali santri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017